Para Relawan Evakuasi Material Longsor di Ragatunjung Paguyangan Brebes - RADARDESA

Jumat, 04 Desember 2020

Para Relawan Evakuasi Material Longsor di Ragatunjung Paguyangan Brebes

  


Brebes, Radardesa.com – Tim gabungan penanggulangan bencana alam wilayah Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berupaya membersihkan material longsor dari tebing setinggi 30 meter yang mengenai 4 pemukiman warga di Dukuh Menteng RT. 13 RW. 02, Desa Ragatunjung, Paguyangan.

Dijelaskan Danramil 11 Paguyangan, Kodim 0713 Brebes, Kapten Arhanud Suryadi, bahwa warga setempat yang dibantu para relawan juga sedang berupaya mengamankan tebing di belakang pemukiman warga, yakni dengan membuat tanggul darurat dari karung yang diisi tanah dan pemasangan patok.

Warga setempat yang terdampak langsung adalah Ibu Muplikha (40), Rakum (50), Saknan (55), dan Ibu Saripah (56). Sedangkan dampak lainnya adalah material tebing juga merusak pepohonan di bawahnya.

“Tebing longsor terjadi pada Rabu, 2 Desember 2020, sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp. 60 juta,” bebernya.

Lanjut Danramil, kini para relawan gabungan Kecamatan Paguyangan, sedang berupaya menanggulanginya dengan membersihkan material longsoran. Sementara keempat keluarga yang rumahnya terdampak sampai saat ini masih mengungsi di rumah tetangga maupun saudara.

“Adapun sasaran pekerjaan lainnya adalah membuatkan jalan sambil membersihkan tumpukan material di samping rumah, membersihkan tanah berlumpur yang ada di dalam rumah, serta memotong rumpun bambu di samping rumah yang terbawa longsor,” tandasnya.

Sementara dijelaskan Kepala Desa Ragatunjung, Masduki, SE, bahwa longsor dipicu guyuran hujan yang begitu deras mulai siang sampai malam hari (2/12).

“Selaku pimpinan masyarakat Desa Ragatunjung dan mewakili keluarga terdampak tanah longsor, saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan para relawan gabungan terdiri dari TNI-Polri, anggota BPBD Brebes, Linmas dan Banser setempat, serta masyarakat setempat,” ungkapnya mengapresiasi. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar