Pasca Hujan Deras : Babinsa Cek Jembatan Penghubung Jemasih dan Ciseureuh - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 30 Desember 2020

Pasca Hujan Deras : Babinsa Cek Jembatan Penghubung Jemasih dan Ciseureuh

 


Brebes, Radardesa.com - Pasca hujan deras mengguyur wilayah kecamatan Ketanggungan, kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Babinsa Ciseureuh Serka Dasro Koramil 15 Ketanggungan, Kodim 0713 Brebes mengecek langsung kondisi jembatan sungai Kamalayan yang menjadi penguhubung kedua desa, desa Jemasih dan Ciseureuh yang merupakan wilayah binaannya. Selasa (30/12/2020).

Sejak seminggu terakhir, hujan deras dengan intensitas tinggi menyelimuti desa Ciseureuh dan Jemasih dimana mengakibatkan tanggul disamping jembatan sungai Kamalayan tergerus oleh air dengan debit tinggi dan terjadi tanggul longsor dengan tinggi 5 meter serta panjang diperkirakan 10 meter.

“Tanggul jembatan Kamalayan longsor dengan ketinggian 5 meter dan lebar 10 meter, diperkirakan apabila hujan datang dengan intensitas seperti kemarin nanti akan menjadikan robohnya jembatan dan nantinya rumah warga yang disekitar jembatan akan terdampak banjir” Tutur Serka Dasro.

Serka Dasro juga mengatakan bahwa adanya hujan tersebut akan mengancam rumah warga yang dekat dengan lokasi.

Diantara pemilik rumah warga yang terancam longsor yaitu Dasja (64) RT. 04 RW. 04 dan Roni (66) RT. 07 RW. 04 yang keduanya berada di Dukuh Karanganyar Desa Jemasih.

Saat ini sudah dilakukan pemasangan terpal yang dilakukan oleh warga bersama Babinsa untuk mengurangi longsor susulan apabila terjadi hujan kembali.

Dasja (64) menuturkan “saya meminta kepada pihak desa untuk membantu dalam penanganan longsor di tanggul dengan menggunakan alat berat, karena apabila menggunakan tenaga manual atau manusia tidak akan sanggup dengan kondisi keadaan tanggul yang jebol sangat dalam dan panjang”. Harap Dasja.

Babinsa Serka Dasro juga menambahkan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan kedua desa pemerintah binaannya untuk segera mencari solusi dan penanganan yang serius karena saat ini sudah musim penghujan serta kondisi tanah yang labil sangat rawan longsor. Tambah Babinsa.

“Diharapkan masyarakat bila turun hujan dengan intensitas yang cukup deras serta lama, supaya hati-hati dan waspada, dan bagi para pengendara motor maupun mobil selalu memperhatikan faktor keamanan apabila melewati jembatan ini”. Papar Serka Dasro. (Oedjank)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar