Danramil Lebaksiu hadiri Khaul Almarhum Al Maghfurlah KH. Usman Zahid ke 36 - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 20 Maret 2019

Danramil Lebaksiu hadiri Khaul Almarhum Al Maghfurlah KH. Usman Zahid ke 36

Lebaksiu - Danramil 15/Lbs Kapten Cpm Aris mewakili Dandim 0712/Tegal menghadiri undangan Khaul Almarhum Al Maghfurlah KH. Usman Zahid ke 36 Tahun di Ponpes Al Abror Desa Yamansari Kecamatan Lebaksiu. Selasa (19/03)

Tuan rumah Khaul KH. M. Hambali Usman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan yang sudah berkenan hadir. “Kegiatan Khaul ini untuk mengingatkan kita kembali atas wafatnya para sesepuh maupun orang tua kita dan juga agar generasi yang saat ini ada mengetahui silsilah dari keluarga yang telah meninggal”, ucapnya.
Bupati Tegal Umi Azizah dalam sambutanya juga mengatakan merasa senang diundang dalam acara Khaul Almarhum Al Maghfurlah KH. Usman Zahid karena ini sebagai budaya baik untuk terus di selenggarakan. “Kepada generasi penerus saat ini Ponpes Al Abror menjadi Ponpes yang modern untuk menciptakan generasi bangsa yang berakhlak mulia. Untuk Kabupaten Tegal saat ini sedang di gencarkan semua anak usia sekolah agar bersekolah tidak ada yangg nganggur”, paparnya.
Kegiatan tersebut juga diisi dengan Tauziah dari Habib Umar Mutohar yang menyampaikan bahwa kegiatan Khaul seperti sekarang ini merupakan budaya islam agar kelak anak cucu kita mengetahui siapa sesepuh dari mereka. “Sejak jaman Nabi Muhammad SAW dengan adanya acara Khaul agar anak cucu mengetahui siapa leluhur mereka dengan begitu agar setiap saat selalu mendoakan leluhur yang telah meninggal, disamping itu Khaul secara tidak langsung mengajarkan kepada generasi saat ini tentang budaya berbakti kepada sesepuh yang telah tiada. Bahwa leluhur kita yang sudah mendahului hanya memohon doa untuk ketenangan di alam kubur”, jelasnya.
Kemudian dilanjutkan dengan tauziah dari KH. Ahmad Muwafik yang mengatakan bahwa kegiatan Khaul yang saat ini dilaksanakan mendidik generasi muda agar tahu bagaimana cara berbakti kepada para leluhur yang telah meninggal.
“Manusia adalah ciptaan dari Allah SWT dan akan kembali kepada sang Pencipta. Manusia diciptakan dengan berbagai bentuk dan karakter yang berbeda beda tetapi tujuan dari Sang Pencipta sama yaitu untuk berbakti kepada Allah dan orang tua. Salah satu bentuk berbakti kepada Orang tua yang telah tiada yaitu dengan Kabul berdoa memohon kepada Allah agar di terima dengan baik di sisiNya”, pungkasnya. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar