Petugas Terpadu Covid-19 di Pintu Tol Brebes Timur Terus Halau Pemudik Dari Zona Merah - RADARDESA

Selasa, 05 Mei 2020

Petugas Terpadu Covid-19 di Pintu Tol Brebes Timur Terus Halau Pemudik Dari Zona Merah

Brebes, Radardesa.com – Petugas gabungan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang terdiri dari TNI-Polri, Dishub, Dinkes, Satpol PP dan BPBD, terus melakukan pengecekan kendaraan umum dan pribadi yang keluar melalui Pintu Tol Brebes Timur atau Brebes Exit Timur (Brexit) Tol.


Tujuan tim gabungan yang bermarkas di Posko Pantau Terpadu Covid-19 di pintu tol tersebut adalah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona memasuki wilayah Brebes dari para pemudik atau pulang kampung dari zona merah.

Dikemukakan Danramil 01 Brebes, Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin, bahwa tim juga memeriksa identitas diri (KTP) dari sopir maupun penumpang baik kendaraan umum atau pribadi.

“Kita hentikan seluruh kendaraan yang keluar di Brexit Tol untuk disemprot cairan disinfektan, diukur suhu tubuh penumpangnya, dan di cek alamat sesuai KTP dan tujuan. Apabila kedapatan yang pulang kampung atau dari zona merah akan dikembalikan lagi memasuki tol,” ungkapnya, Selasa pagi (5/5/2020).

Petugas juga menghimbau khususnya kepada para penumpang untuk selalu menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.

“Semua itu kita minta dengan humanis. Kita juga menghimbau agar selalu memakai masker dan senantiasa hidup bersih,” tandasnya.

Sekedar diketahui, penyekatan pemudik tak hanya di Pintu Tol Brebes Timur dan Pintu Tol Pejagan Kecamatan Tanjung, tapi juga di depan Terminal Kecipir di Jalan Raya Pantura.

Sedangkan untuk Pintu Tol Brebes Barat sementara ditutup. Beberapa hari yang lalu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, meninjau penyekatan di sejumlah akses mudik dari wilayah Jawa Barat yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah. Termasuk di wilayah selatan di Majenang, Kabupaten Cilacap (29/4).

Ini merupakan bagian dari Operasi Ketupat Candi 2020 yang sudah dimulai 14 April 2020 lalu, untuk menyambut Ramadan dan lebaran tahun ini. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar