Dandim 0712/Tegal Pimpin Vaksinasi Coronavac Kedua - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 17 Maret 2021

Dandim 0712/Tegal Pimpin Vaksinasi Coronavac Kedua

 


TEGAL - Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. pimpin vaksinasi kedua di Makodim 0712/Tegal. Komandan Kodim 0712/Tegal meneladani pentingnya vaksinasi bagi Anggota TNI AD yang kesehariannya selalu berinteraksi langsung dengan Masyarakat. Selasa(16-03-2021)

“Vaksinasi kedua ini sangat penting karena berfungsi sebagai booster dose atau penguat kemampuan vaksin terdahulu(vaksinasi pertama)” ungkap Dandim usai divaksin.

Pemerintah sudah mensosialisasikan dengan gencar di laman resmi maupun laman umum lainnya, bahwa  Vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan Coronavac, vaksin produksi Sinovac harus dilakukan dua kali. Vaksinasi pertama punya peran sebagai prime dose atau dosis utama yang bertugas mengenalkan virus mati (inactivated virus) Covid-19 ke tubuh penerima. Sementara vaksinasi dosis kedua berfungsi sebagai booster dose atau penguat kemampuan vaksin.  Imunitas tidak serta merta muncul setelah divaksin yang pertama kali, perlu dilakukan dua kali dengan jeda minimal 14 hari.

"Kita wajib untuk melaksanakan penyuntikan pada dosis kedua untuk dapat menghasilkan kekebalan yang optimal yang dibangun oleh tubuh kita. Sehingga imunitas kita semakin kuat melawan covid. Apalagi Babinsa yang terlibat langsung di  PPKM MIKRO baik Wilayah Kabupaten dan Kota Tegal" imbuh Dandim.

Jeda 14 hari yang dimaksud di antara dua vaksinasi pun tidak bersifat mutlak. Apabila seseorang berhalangan hadir saat jadwal penyuntikan vaksin dosis kedua (tepat 14 hari), maka dirinya boleh melakukan vaksinasi segera setelah ada waktu yang cocok.
Tubuh kita dikenalkan dulu dengan inactivated virus. Lalu dia akan bekerja sama membentuk sistem kekebalan tubuh atau antibodi baru. Dosis kedua ini gunanya untuk meningkatkan kekuatan vaksin. Sehingga dosis kedua dapat membuat antibodi yang terbentuk semakin kuat dan optimal.

Vaksinasi kedua yang dilaksanakan di RS Tingkat IV 04.07.01 Pagongan, Tegal, lokasi yang sama dengan vaksinasi pertama sebelumnya. Kali pertama vaksinasi dilaksanakan selama 3 hari, sementara untuk tahap kedua ini berlangsung selama 6 hari.

Seluruh lapisan Masyarakat harus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pemulihan Negeri ini. Vaksinasi sangatlah penting dan tak perlu kekhawatiran berlebihan karena vaksin tersebut sudah resmi dinyatakan aman, efektif dan halal. (Pendimtegal/lekpur)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar