Hankam

Hankam

Latihan SAR TNI POLRI Tegal, Wujud Sinergitas Tanpa Batas

 


TEGAL - Obyek Wisata Purwahamba Indah pagi itu terasa beda. Serombongan Pria berbadan tegap bergerak sigap mengusung perahu. Rabu tgl 03 Maret 2021 pukul 09.00 WIB,  obyek wisata yang berada di Suradadi Kabupaten Tegal dilaksanakan kegiatan Latihan SAR bersama antara TNI dan Polri Tegal. Rabu(3-3-2021)

Latihan ini digelar dalam rangka meningkatkan Sinergitas TNI-Polri di wilayah hukum Polres Tegal yg diikuti oleh kurang lebih 60 orang.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. melalui Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi S. Yang hadir mewakili menyampaikan “Sebelumya sudah digelar Latihan bersama di Makodim 0712/Tegal minggu lalu. Kali ini merupakan lanjutan sebagai upaya peningkatan kemampuan anggota dan memperkuat juga sinergitas TNI POLRI Tegal sesuai arahan Dandim”.

Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang, S.I.K. yang hadir secara langsung memaparkan bahwa Latihan tersebut merupakan wujud kesiapsiagaan personil TNI-Polri dalam menghadapi ancaman bencana banjir yang ada di wilayah kabupaten Tegal serta merupakan bentuk sinergitas nyata antara TNI-Polri dalam mengemban tugas kemanusian.

Latihan SAR bersama antara TNI-Polri ini diharapkan agar dalam setiap pelaksanaan penanganan bencana alam khususnya bencana banjir, kita dapat bekerjasama dan dapat mengetahui peran fungsi masing masing personel dilapangan.

“Saya harapkan agar para pihak yang terlibat dalam kegiatan latihan bersama ini dapat melaksanakan dengan sungguh sungguh, sehingga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam penanganan bencana banjir yang sesungguhnya. Terimakasih banyak khususnya Dandim 0712/Tegal beserta jajarannya atas kerjasama yang hebat dalam pelaksanaan kegiatan latihan SAR bersama TNI-Polri ini. Semoga TNI Polri semakin solid dalam penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Tegal” tambah Kapolres.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0712/Tegal diwakili Kasdim, Danlanal Tegal Ltk Mar Ridwan Aziz, Mtr. Hanla, CHRMP, Kabag Ops Polres Tegal Kompol Aries serta peserta pelatihan gabungan.

 Dibuka dengan apel bersama yg dipimpin oleh Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang, S.I.K. acara dilanjutkan dengan pengecekan kelengkapan SAR dan langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan latihan SAR.

Latihan gabungan kali ini dimulai dengan latihan proses evakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet. Kemudian dirangkai dengan latihan Evakuasi korban tenggelam akibat banjir menuju daratan, pemberian pertolongan pertama terhadap korban, dan evakuasi korban menuju RS atau pusat Kesehatan terdekat.

Selain TNI AD dari Kodim 0712/tegal, TNI AL juga terlibat dengan dampingan langsung Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, Mtr. Hanla, CHRMP menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas tergelarnya kegiatan Latihan bersama tersebut. Hari ini, anggota Lanal Tegal kpd peserta latihan SAR memberikan pelatihan teknik mandayung. Suatu saat nanti, Lanal akan menjadi bertindak tuan rumah latihan bersama dan menggelar latiihan di laut langsung. “Sejatinya kita ini sama walaupun baju kelihatan berbeda, tunjukan bahwa kita bersinergi dan kompak” tutup Danlanal.

Tercatat  peserta latihan SAR kali ini terdiri dari anggota Polres Tegal sejumlah 40 orang, Kodim 0712/Tegal sebanyak 15 personil dan dari Lanal Tegal sejumlah 10 personil.(lekpur)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan SAR TNI POLRI Tegal, Wujud Sinergitas Tanpa Batas "

Posting Komentar