Mantabkan Tugas Kewilayahan, Kodim Tegal Gelar Latnister - RADARDESA

TOP BERITA

Senin, 15 Maret 2021

Mantabkan Tugas Kewilayahan, Kodim Tegal Gelar Latnister

 


Tegal – Guna memantapkan tugas kewilayahan Kodim 0712/Tegal gelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021 di Makodim 0712/Tegal terhadap para Bintara Pembina desa (Babinsa) Kodim 0712/Tegal. Senin (15/03/21)

Latnister ini digelar untuk meningkatkan kemampuan, dan wawasan kepada Babinsa, agar mampu dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P.  melalui Pasiter (Selaku Komandan Latihan) Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi, menjelaskan kegiatan yang diprogramkan oleh Komando Atas ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 15 sampai dengan 19 Maret 2021 mendatang.

Untuk mekanisme latihan terdiri dari dua tahap yaitu pertama peserta latihan diberikan pembekalan secara teori, dan kedua praktek  guna kemantaban tugas komando kewilayahan langsung  peserta latihan melaksanakan praktek dilapangan yaitu Desa Rembul Kecamatan Bojong, Desa Bojong Kecamatan Bojong dan Desa Bumijawa Kecamatan Bojong.

” Tujuan kegiatan ini adalah untuk memelihara, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan. Serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa, agar dapat melaksanakan tugas dilapangan dengan baik,” ujarnya.

Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi, mengharapkan kegiatan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan Babinsa dalam berperan aktif di desa binaan guna percepatan pembangunan dan pendampingan di wilayah.

Menurutnya, Babinsa adalah ujung tombak komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram.

” Jika Babinsa diwilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif membantu program Pemerintah Desa maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa binaan,” pungkasnya

Sementara Pasi Ops Korem 071/WK Mayor Inf Hendro Gunawan mengatakan  Tujuan kami datang kesini adalah untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian Latnister sekaligus bersilaturahmi dengan anggota Kodim 0712/Tegal, Latnister ini akan dilaksanakan selama 5 hari termasuk aplikasi dilapangan.

Babinsa adalah ujung tombak satuan Teritoral yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga aman dan tidaknya suatu wilayah tergantung para Babinsa yang langsung berada di lapangan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, kita tetap merangkul Toga, Tomas, dan Toda serta terus menerus mensosialisasikan kepada warga masyarakat untuk selalu hidup sehat, dan menjaga  5 M.

Komunikasi sosial harus terus menerus dilakukan oleh para Babinsa, karena ini adalah metode yang paling baik untuk bisa dekat dengan masyarakat, ini juga salah satu cara agar bisa mengambil simpati dari masyarakat. (Pendimtegal/Nrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar