Guna Mengatasi Segala Ancaman Bencana Alam, TNI-POLRI Gelar Latihan SAR Bersama - RADARDESA

TOP BERITA

Selasa, 16 Maret 2021

Guna Mengatasi Segala Ancaman Bencana Alam, TNI-POLRI Gelar Latihan SAR Bersama

 


Tegal - Dalam rangka sinergitas sekaligus kesiapsiagaan personil TNI-Polri, Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal  dan Polres Tegal Kota mengadakan latihan bersama. Baik anggota Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal maupun anggota Polres Tegal Kota, Senin (15/3) di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) mengikuti simulasi pertolongan kepada masyarakat maupun simulasi gangguan Kamtibmas.

Simulasi yang diisi dengan aksi para anggota ditunjukkan didepan Komandan Lanal Tegal, Komandan Kodim 0712 Tegal dan Kapolres Tegal Kota.

Dari mulai kesiapan dan penguasaan persenjataan yang dimiliki anggota seperti tongkat untuk melumpuhkan orang mengamuk, elektrik gun, maupun ranjau paku untuk menghalau pelaku kejahatan yang berusaha melarikan diri dengan kendaraan bermotornya.

Tidak hanya itu, dari satuan polisi satwa juga mempertunjukkan keahlian setiap anjing-anjing yang selama ini dimiliki Polres Tegal Kota. Dari mulai mendeteksi narkoba, bom atau bahan peledak hingga mendeteksi adanya jasad atau jenazah yang terkubur dalam tanah.

Kerjasama anggota juga ditunjukkan dengan simulasi pertolongan dan penyelamatan warga yang tenggelam atau terjebak banjir. Menerjunkan personil gabungan TNI-Polri lengkap dengan perahu karet dan tim medis yang sudah siap melakukan pertolongan.

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. mengatakan, TNI-Polri harus terus bersinergi sebagai salah satu wujud hadirnya negara di tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan. 

“TNI-Polri perlu terus bersinergi, termasuk untuk membangun Kota Tegal tercinta ini. Dan bersama-sama saling asah, asih, dan asuh terhadap semua komponen yang ada di sekitar kita,” terang Dandim. 

Kegiatan ini digelar sebagai operasi penyelamatan masyarakat yang terkena bencana atau musibah, termasuk gangguan-gangguan keamanan di masyarakat. TNI-Polri harus mampu tampil didepan, untuk mengatasi segala ancaman yang ada.

Sementara Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan bahwa penguatan sinergitas TNI-Polri diwujudkan pada latihan bersama anggota. Tujuannya tidak lain untuk masyarakat, untuk mewujudkan situasi kondusif, dan kesiapsiagaan terhadap bencana yang terjadi. Termasuk penguasaan anggota terhadap persenjataan dan keahlian-keahlian yang dimiliki.

Salah satunya adalah sinergitas TNI-Polri dalam melakukan latihan simulasi untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, utamanya banjir di wilayah Kota Tegal. (Pendimtegal/Nrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar