Persit Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Berpenghasilan - RADARDESA

Selasa, 09 Maret 2021

Persit Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Berpenghasilan


Brebes, Radardesa.com - Ketika aku memutuskan menjadi istri seorang militer, aku tau kalau prioritasku adalah suami dengan segala kedinasannya dan keluarga kami kelak. Aku tau aku akan berpindah - pindah dari kota yang satu ke kota yang lainnya selama suami aktif, bertemu dengan berbagai orang yang berbeda karakter dan latar belakang.

Memiliki keahlian untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain adalah sesuatu yang jarang dimiliki oleh semua orang, seperti keahlian dalam menjahit, bercocok tanam, beternak, kuliner snack dan lain sebagainya. Tak jarang hobi yang berawal hanya sekedar mencoba namun setelah dikembangkan menjadi sesuatu yang di minati oleh masyarakat luas.

Seperti di ibaratkan saat berkunjung ke suatu tempat tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khasnya, misalnya di Kabupaten Brebes, JawaTengah dengan kulinernya Kupat Glabed Sate Blengong, Telur Asin, Bawang Merah, Kerupuk Telur Asin dan masih banyak lainnya bisa kita temukan dan rasakan disini. Selasa (09/03/2021).

Berawal dari pengalaman, Sri Latifah (28) Istri Kopda Teguh Stiyono berdinas di Penerangan Kodim 0713 Brebes yang telah berusaha meningatkan ekonominya dalam membantu suami yaitu bekerjasama dengan Primer Koperasi Kartika A-09 Brebes menyalurkan bakatnya dibidang kuliner jajanan berupa Kue Donat, bahkan seperti jenis lainnya juga ada diantaranya Beras dengan kualitas super, Kacang Goreng, Rengginang dan Kerupuk.

Dari hasil pengalamannya sebelum menjadi Istri seorang Prajurit, Ny. Sri Latifah sudah menjalankan usaha rumahan membuat Kue Donat saat masih duduk dibangku SMA dan ini merupakan pengalaman yang berharga untuk di kembangkan menjadi nilai ekonomi yang tinggi.

Sebelumnya Ny. Sri Latifah mendampingi suami berdinas di Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma Slawi, namun di tahun 2020 berpindah di Kodim 0713 Brebes sampai sekarang ini.

Dengan memmanfaatkan luangnya waktu dan aktif di berbagai kegiatan kepengurusan Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIII Dim 0713 Brebes inilah, Ny. Sri Latifah telah mencoba usaha kecilnya yaitu membuat Kue Donat untuk dipasarkan dilingkungan asrama dan dijual secara Online, setelah beberapa kali di coba dengan di peroleh hasil yang bagus dan mendapat respon yang positif untuk mengembangkan usahanya dengan dibantu oleh tetangga mulailah usaha pembuatan dalam pembuatan Kue Donat.

Pada awalnya hanya menjual ke Jejaring Sosial (Sosmed) Online dan menawarkan di Primer Koperasi Kartika A-09 Brebes.

Sesuai dengan kebijakan pengurus Koperasi dan Ketua Primer Koperasi Koperasi Kartiak A-09 Brebes bahwa Kue Donat yang diproduksi oleh Ny. Sri Latifah sangat masuk dalam kriteria, diantaranya rasa dan kualitasnya enak dan terjamin serta harganya terjangkau, sehingga Kue Donat ini diterima oleh Koperasi.

Respon awal dari konsumen saat tester Kue Donat “LINTANG WULAN” milik Ny. Sri Latifah mereka merasakan Kue yang Lezat dan tepat untuk dinikmati saat minum teh bersama keluarga sekaligus pantas untuk dijadikan Oleh-oleh Khas Kodim 0713 Brebes selain Telur Asin dan lain sebagainya. Seperti kata pepatah ” Hobby yang membuahkan Hasil” yang awalnya sekedar hobby kini dapat dikenal Luas serta meningkatkan perekonomian keluarga dan warga sekitar.

Setelah beberapa waktu berlalu usaha Kue Donat “LINTANG WULAN” semakin berkembang dan juga dengan permintaan Konsumen di setiap Toko Oleh-oleh yang berlainan pula, Respon Positif diterima oleh Konsumen sama halnya dengan Kue Donat “LINTANG WULAN” saling mendukung sebagai usaha dalam memenuhi jenis Oleh-oleh khas Brebes bersama Usaha kuliner lainnya.

” Alhamdulilah berkat usaha kami yang dibantu tetangga sekitar rumah sekian lama, dan kini dapat berkembang menjadi usaha kuliner di wilayah Brebes dalam pemenuhan Kuliner Oleh-oleh Khas Brebes, ” ungkapnya.

” Meskipun usaha kami selalu laris manis, namun perjalanan berwirausaha Ny. Sri Latifah masih panjang dan penuh tantangan, karena semakin banyak bermunculan saingan usaha dibidang yang sama. Dengan kemauan, ketulusan, do’a dan semangat untuk mencapai masa depan keluarga yang lebih baik, serta dapat membuka lapangan kerja bagi warga sekitar,” tuturnya.

Kiranya Usaha Ny. Sri Latifah akan semakin sukses dengan Kue Donat “LINTANG WULAN” dan akan selalu menjadi inspirasi bagi seluruh ibu-ibu Persit untuk berani berwirausaha secara kreatif sesuai dengan potensi yang kita miliki. (Kujang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar