Gedung SDN Cigadung 2 Banjarharjo Brebes Tak Digunakan Lagi, Proyek Rehab Asal-asalan - RADARDESA

Jumat, 01 Maret 2019

Gedung SDN Cigadung 2 Banjarharjo Brebes Tak Digunakan Lagi, Proyek Rehab Asal-asalan

Brebes – Pekerjaan swakelola rehab gedung SDN Cigadung 2 yang beralamatkan di Jalan Bougenvile Dukuh/Desa Cigadung Rt. 2 RW. 3 Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, dinilai asal-asalan dan tak memenuhi bestek atau syarat dan spesifikasi teknis ruang belajar mengajar.

Kuda-kuda atap atau susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap, juga terlihat menggunakan baja ringan dengan ukuran tidak semestinya. Proyek rehabilitasi senilai 117 juta rupiah ini juga menggunakan genteng bekas yang dicat ulang agar Nampak baru. Pun jarak antar genteng renggang, jika hujan siswa yang belajar terkena limpasan air dari atas dan kelas ini bocor, oleh karenanya sekarang tidak difungsikan untuk kegiatan belajar sama sekali.

Hal ini dibenarkan Kepala Sekolah, Sunarto bahwa, ruang kelas tersebut dikerjakan 6 tahun yang lalu dan bukan sewaktu dirinya menjabat.

“Pekerjaan baja ringan dengan jarak antar usuk renggang sehingga tidak mampu menopang genteng. Kami tidak mau mengambil resiko yang membahayakan murid dan akhirnya kelas dikosongkan," ungkap Sunarto yang menjabat pada 2018 lalu, Kamis sore (28/2/2019).

Foto diambil dari jurnalis yang turun langsung ke lapangan (26/2). Dari pantauan, kondisi pada bagian atap bangunan memang tidak layak berdasarkan kajian teknis, pasalnya membahayakan keselamatan orang dibawahnya.

"Perlu kajian ulang lagi dari tim teknis bangunan. Setelah dikaji, dikembalikan lagi ke pihak yang berwenang untuk di klarifikasi soal dugaan penghematan anggaran pembangunan sehingga gedung sekarang tidak layak pakai sekarang,” ungkap Trish, aktivis pemerhati lingkungan. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar