Hankam

Hankam

Hari Jadi Kabupaten Grobogan Ke-293, Bupati Ziarah ke Makam Leluhur

Grobogan-Radardesa.com. seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati Grobogan beserta jajarannya dalam rangka hari jadi Grobogan yang ke - 293 mengadakan ziarah kubur di makam leluhur, diantaranya adalah makam Ki Ageng Jaka Tarub yang terletak di Desa Tarub Kecamatan Tawangharjo. Ziarah kemakam leluhur sebagai bentuk mengenang sejarah asal muasal tanah jawa. 

Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang didampingi Kapolsek Grobogan dan Dandim 01717/Purwodadi terlihat khusyuk dalam melakukan doa dan dzikir . Dzikir dan tahlil dipimpin langsung oleh juru kunci Makam Tarub Kanjeng Raden Tumenggung Hastono Adipuro. Setelah melakukan dzikir dan tahlil, Bupati Grobogan memberikan bingkisan sembako kepada warga miskin disekitar makam. Ziarah kemudian dilanjutkan ke makam Ki Ageng Selo di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan. Jawa Tengah yang berlokasi tidak jauh dari makam Ki Ageng Jaka Tarub.

 Bupati Grobogan menyampaikan  bahwa tradisi ziarah ke makam leluhur Grobogan adalah wajib dilakukan setiap tahun sekali bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Grobogan. Selain untuk mendoakan para leluhur. Ziarah makam, boyong grobog bertujuan untuk nguri-uri kebudayaan jawa dan mengingat asal mula nama Kabupaten Grobogan juga terutama melestarikan budaya lokal dimana Grobogan merupakan cikal bakal berdirinya tanah Jawa.

Kegiatan ziarah makam-makam leluhur di Grobogan, Jawa Tengah, terbagi menjadi dua bagian. Untuk rombongan Bupati melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Jaka Tarub dan makam Ki Ageng Selo, sementara untuk rombongan Sekertaris daerah ziarah ke Makam Adipati Puger I / Bupati Grobogan pertama dan makam KI Ageng Getas Pendowo, keturunan langsung dari Jaka Tarub. (Toni S )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Jadi Kabupaten Grobogan Ke-293, Bupati Ziarah ke Makam Leluhur"

Posting Komentar