Gubuk Petani Tempat Penyuluhan Yang Tepat - RADARDESA

Senin, 04 Maret 2019

Gubuk Petani Tempat Penyuluhan Yang Tepat

Brebes, Radardesa.com - Anggota Babinsa Koramil 13/Salem Serda Wisrad menghadiri Kegiatan Penyuluhan SLPTT  (Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu) komoditi Padi di gubuk  kelompok tani Harapan Mekar Jaya  RT. 01 RW. 03 Desa Bentar Sari Kecamatan Salem Brebes, Senin (04/03/2019).

Pengajar Materi/ Praktek Lapangan oleh Didi Eko, SP dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, H. Runta, SP Koorpro Kecamatan Salem, Darso, SP Kepala BPP Kecamatan Salem, peserta yang mengikuti Pelatihan SL-PHT Padi tersebut berjumlah 25 orang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil panen padi pada masyarakat di desa Bentarsari dengan cara mengendalikan hama terpadu padi sehingga kesejahteraan masyarakat lebih baik seiring meningkatnya hasil panennya.

SL-PHT ini merupakan metode penyuluhan, bentuk pendidikan non formal yang dirancang berdasarkan pendekatan andragogi dan menerapkan pola pelatihan yang dilakukan secara partisipatoris dan pendekatan dari bawah. SL-PHT ini merupakan salah satu cara untuk membantu petani, sehingga lebih memahami cara bertani yang pintar dan mandiri. Kata Didi Eko.

“Diutamakan kepada kelompok tani, para petani dapat mengendali hama secara benar, dengan upaya pengendalian populasi atau tingkat serangan OPT dengan menggunakan satu atau lebih dari berbagai teknis pengendalian yang dikembangkan dalam suatu kesatuan untuk mencegah timbulnya kerugian secara ekonomis dan kerusakan lingkungan hidup”. Tutup Didi Eko di akhir acara. (Utsm0713).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar