Mencegah Covid-19, Kodim Tegal Gelar Sosialisasi - RADARDESA

Selasa, 17 Maret 2020

Mencegah Covid-19, Kodim Tegal Gelar Sosialisasi




Tegal – Bertempat di Indoor Lapangan Tenis Makodim 0712/Tegal, Kodim 0712/Tegal gelar sosialisasi untuk mencegah berkembangnya virus corona atau yang sedang ngetren covid-19, ditengah maraknya perkembangan situasi saat ini tentang adanya virus corona atau covid-19, tetap jalankan tugas sesuai tugas yang diembannya masing-masing, namun tetap waspada dan siaga. Selasa (17/03/20) 

Dalam penyampainya Karumkit TK. IV 04.07.01 Tegal Mayor Ckm Dr. Sandhi Fitriardi Sp.S menyampaikan dengan mewabahnya covid-19 agar prajurit dan PNS Kodim 0712/Tegal untuk menyikapi dengan tenang, menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga, merawat kebersihan diri dan lingkungan, serta proaktif untuk memeriksakan diri jika prajurit dan PNS terdapat gejala terinfeksi covid-19.

Selain itu, Karumkit juga menginstruksikan kepada anggota agar mencegah virus tersebut denggan menggunakan masker dan menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sesuai dengan intruksi dari WHO.

Ahli kesehatan menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 15-30 detik. Sabun memiliki kandungan senyawa yang dapat mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan, termasuk kuman yang berada di tangan.Kemudian, aliran air akan membawa pergi minyak bersama dengan kuman yang terikat.

Oleh karena itu, mencuci tangan dengan waktu yang singkat kurang efektif untuk membunuh kuman. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menganjurkan perbanyak busa saat mencuci tangan dengan sabun karena gesekannya dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit. 

Untuk pemilihan sabun, kebanyakan masyarakat memilih sabun antibakteri karena menganggap sabun ini lebih efektif membunuh kuman dari pada sabun biasa. Namun, para peneliti mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan anggapan tersebut. Agar terlindung dari virus, diperlukan prosedur cuci tangan yang benar. Berikut adalah tata cara mencuci tangan dengan benar yang dianjurkan.

Alirkan air bersih ke kedua tangan, kemudian tuangkan sabun secukupnya. Gosok kedua tangan, khususnya bagian sela-sela jari, kedua punggung tangan, dan di bawah kuku. Kaitkan seluruh jari dengan telapak tangan yang saling menyentuh. Kemudian, gosok bagian dalam sisi tangan. Lakukan secara bergantian. Lalu tukar posisi. Kaitkan jari-jari tangan kiri di atas punggung tangan kanan dan gosok bagian punggung tangan secara bergantian. Gosok jempol kiri menggunakan tangan kanan dengan gerakan memutar, begitu pula sebaliknya. Lakukan langkah-langkah di atas selama 20 detik. Bilas tangan hingga bersih dengan air mengalir. Keringkan kedua tangan dengan handuk bersih atau angin-anginkan. Pastikan untuk mengeringkan tangan karena kuman lebih mudah berkembang di tangan yang basah. Jika memungkinkan, matikan keran menggunakan siku atau tisu agar tangan yang sudah bersih tidak terkontaminasi lagi saat mematikan keran.(Nrs)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar