Hankam

Hankam

Ciptakan Ketahanan Pangan Brebes, TNI, P3A dan PPL Tanjung Turun Sawah


Brebes, Radardesa.com - Komandan Koramil 04/Tanjung Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Muhtadi bersama Babinsa terlihat membantu salah satu petani Desa Karangreja Kecamatan Tanjung, Nurpi’i Ketua Gapoktan Sari Tani dalam mengolah lahan sawahnya secara konvensional. Senin (31/12/2018).


Media cocok tanam diolah guna meningkatkan kesuburannya sebagai media tumbuh tanaman padi, ini sangat penting agar panen nanti sesuai harapan dan lebih mensejahterakan kehidupan para petaninya.

Dijelaskan Danramil bahwa, upaya tersebut selain untuk membantu mempercepat pengolahan sawah, juga bertujuan memberi support atau motivasi kepada petani desa binaan dalam mengelola sawahnya sehingga mendapatkan hasil panen lebih baik kedepannya. Kehadiran TNI yang bersinergi dengan P3A (Pemberdayaan Petani Pemakai Air) dan PPL (Petugas Penyuluh Pertanian) Kecamatan, memang sudah tak asing lagi dalam mensukseskan program pemerintah Swasembada dan Ketahanan Pangan khususnya di wilayah Kabupaten Brebes.

“Bagi kami selaku aparat teritorial, kegiatan membantu petani merupakan tugas sebagai tindak lanjut dari MOU antara Menteri Pertanian dengan TNI-AD tentang program Ketahanan dan Swasembada Pangan. Babinsa memiliki kewajiban memberikan Upaya Khusus (Upsus) berupa pendampingan kepada petani di wilayah desa binaan masing-masing,” terangnya.

Diharapkan pendampingan dapat lebih memacu percepatan tanam kembali, terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat juga diharapkan mereka akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunan wilayah. Turut hadir Ketua Gapoktan Sumber Hasil, Rosadi, Ketua P3A Kecamatan Tanjung, Sukendar, Babinsa serta anggota Gapoktan Sari Tani. (pendim0713brebes/utsm)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciptakan Ketahanan Pangan Brebes, TNI, P3A dan PPL Tanjung Turun Sawah"

Posting Komentar