Hankam

Hankam

Babinsa Koramil 17/Balapulang Bantu Petani Pengolahan Lahan


Balapulang- Memasuki Masa Tanam (MT) tahun 2019, Kodim 0712/Tegal beserta Koramil Jajaran melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaan masing-masing.  Para Babinsa juga turun langsung ke sawah mendampingi sekaligus memotivasi petani dalam pengolahan lahan dan tanam padi.

Seperti Babinsa Dukuh Gayam Desa Banjaranyar Koramil 17/Balapulang Sertu Haryanto dan Serda Hartoyo turun langsung ke sawah mendampingi dan membantu Kelompok Tani Jaya dalam pengolahan lahan milik Samsuri dengan luas 0,5 Ha warga desa Banjaranyar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.Selasa(22/1)

Babinsa Koramil 17/Balapulang tanpa segan terjun ke sawah mengoperasikan langsung hand traktor guna membantu petani dalam pengolahan lahan sampai dengan siap ditanami padi. Pembajakan sawah dengan menggunakan traktor ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah,”terangnya Babinsa.

"Lapisan tanah yang semula keras dibalik menjadi gembur dan melumpur dilanjutkan dengan penggaruan (digaru) sambil dialiri air sehingga lahan sawah benar-benar siap untuk ditanami padi. Melalui pengolahan lahan yang baik dan benar maka seusai ditanami akar padi akan tumbuh berkembang bebas," ungkapnya.

Terpisah Danramil 17/Balapulang Kapten Inf Saro’i, menuturkan terjunnya Babinsa dalam kegiatan pendampingan diharapkan mampu memotivasi para petani sekaligus membantu petani agar semakin giat dalam mengolah lahan guna mempercepat siklus produksi pangan.

"Pendampingan ini sebagai bagian dari upaya khusus ketahanan pangan sekaligus wujud nyata keseriusan para Babinsa dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah," terangnya.(Ast)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Koramil 17/Balapulang Bantu Petani Pengolahan Lahan "

Posting Komentar