DANRAMIL 02/TAMAN HADIRI KEGIATAN PENGAJIAN KHAUL AKBAR




Kodim 0711/Pml (23/01).,  Bertempat di Komplek Makam Pangeran Benowo Desa Penggarit Kec.Taman Kab.Pemalang  Danramil 02/Taman mewakili Dandim menghadiri kegiatan Pengajian Khaul Akbar Mbah Jamur Apu, Pangeran Benowo dan Patih  Sampun yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari  jadi Pemalang ke 444 tahun 2019, pada Selasa (22/01/19),  dengan penanggungjawab kegiatan Kades Penggarit Bapak Imam Wibowo dan sebagai penceramah Habib Muhdor  dari Pemalang.
Selain Danramil kegitan itu dihadiri juga  Asisten 2 Setda Kab.Pemalang Bapak  Supa'at,  Kasat Binmas Polres Pemalang Akp Supono,  Kajari Kab.Pemalang Ferizal SH.MH., Para OPD Pemda Kab. Pemalang,  Muspika se Kab.Pemalang,  Kades Penggarit Bapak Imam Wibowo, Habib Muhdor (penceramah) dan  Warga Masyarakat Kab.Pemalang.
Dalam sambutan Bupati Pemalang yang dibacakan  Asisten 2 Setda Kab.Pemalang Bapak  Supa'at menyampaikan  Sesuai dengan rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke- 444 Tahun 2019, pada siang hari ini akan kita laksanakan bersama “Khaul Pangeran Benowo”. Tentu menjadi kebanggaan kita bersama, di momen menjelang Hari Jadi Kabupaten Pemalang ini, kita semua dapat berhimpun di sini, di tempat peristirahatan terakhir Pangeran Benowo. Seorang tokoh sentral, dalam sejarah berdiri-nya Kabupaten Pemalang. Bupati mengajak kepada hadirin semua, untuk mengenang kembali sosok Pangeran Benowo beserta segala upaya dan perjuangan, yang telah beliau lakukan dalam upaya membangun Kabupaten Pemalang, semasa hidup, beliau yang merupakan Putra Mahkota Kerajaan Pajang, tanpa segan beliau memilih jalur yang tidak biasa yaitu mengembara dan akhirnya sampai dan membaur bersama dengan masyarakat Pemalang, dengan penuh dedikasi beliau membina masyarakat, mendidik dan melatih generasi muda Pemalang menjadi prajurit – prajurit yang tangguh. Selain itu, berdasarkan literasi sejarah yang ada, beliau juga turut berperan, dalam menyebarluaskan ajaran Islam kepada masyarakat Pemalang. Sebagai generasi penerus, selain wajib mengetahui sejarah Pangeran Benowo, kita juga tentu punya kewajiban untuk melaksana-kan nilai-nilai keteladanan yang telah ditunjuk-kan oleh Pangeran Benowo. Sebagai putra mahkota sebuah kerajaan beliau menunjuk-kan kebesaran hati yang luar biasa untuk meninggalkan Pajang dan memilih singgah di Pemalang hingga akhir hayat. Saat ini tentu sangat sulit untuk melihat contoh keteladanan sebagaimana yang beliau tunjukkan. Kebesaran hati dan kemuliaan sikap beliau tersebut, yang pada akhirnya menjadikan beliau dikenang oleh masyarakat luas di berbagai wilayah yang ada di Pesisir Utara Jawa Tengah. Tidak hanya di Kabupa-ten Pemalang, sosok Pangeran Benowo juga dikenal di daerah Tegal, Pekalongan, Kendal, maupun daerah pesisir utara lainnya. Hal ini menunjukkan, bahwa pengorba-nan yang dilakukan oleh Pangeran Benowo, dalam mengubur ambisinya menjadi seorang raja, justru membuat beliau dikenang sebagai pemimpin yang bijak di tanah Jawa ini. Sikap seperti itulah yang hendaknya dapat diteladani oleh setiap pemimpin yang ada di Kabupaten Pemalang ini, sehingga jangan pernah meng-anggap jabatan adalah segala-galanya. Untuk itu, melalui momentum khaul ini mari kita maknai bersama kegiatan ini sebagai pelecut bagi kita, dalam meneladani jiwa dan semangat juang Pangeran Benowo, yang dengan sepenuh hati telah mewakafkan dan mendedikasikan hidupnya, untuk membangun Kabupaten Pemalang. Pada akhir sambutannya Bupati berharap kepada segenap peserta Khaul serta hadirin yang berbahagia;
Dengan tema hari jadi ke - 444 ini yaitu “Kerja Keras, Kerja Cepat, Kerja Cerdas untuk Pemalang Hebat”, Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Pemalang dan hadirin sekalian untuk dapat meresapi tema tersebut dalam tiap langkah pengabdian kita bagi Kabupaten Pemalang tercinta. Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah SWT meridhoi upaya kita dalam meneladani sikap terpuji, yang ditunjukkan oleh Pangeran Benowo dalam membangun masyarakat dan Kabupaten Pemalang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DANRAMIL 02/TAMAN HADIRI KEGIATAN PENGAJIAN KHAUL AKBAR"

Posting Komentar