Pancasila Ikhtiar Bangsa, Perekat Keutuhan Kebhinekaan - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 01 Oktober 2019

Pancasila Ikhtiar Bangsa, Perekat Keutuhan Kebhinekaan

Slawi. Radardesa.com - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal mengadakan upacara, Selasa (1/10) di Lapangan Tegah komplek perkantoran Setda. Bupati Tegal Umi Azizah selaku Inspektur Upacara menyampaikan, Pancasila merupakan Ikhtiar Bangsa serta perekat keutuhan kebhinekaan.
“Pancasila adalah ikhtiar untuk menguatkan hati warga negara indonesia, bahwa pancasila sebagai perekat dan penjaga keutuhan kebhinekaan”, ujar Umi.
Di temui usai membuka acara Kabupaten Tegal ODF di Hotel Grand Dian Slawi, Umi menjelaskan, Indonesia terdiri dari 17.500 pulau serta berbagai suku bangsa, bahasa dan agama, perbedaan ini menurutnya merupakan sunnatulloh. Justru keanekaragan inilah yang harus menjadi kekuatan kita, jelas Umi.
Dalam acara tersebut dibacakan ikrar dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang ditirukan oleh semua peserta upacara. Dalam ikrar tersebut dijelaskan bahwa sejak diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri. Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kekurangwaspadaan bangsa, terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan ideologi negara.
Karena dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa indonesia dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Dasuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar