HIPMI Diharapkan Turut Tekan Angka Pengangguran - RADARDESA

BREAKING

Minggu, 01 Maret 2020

HIPMI Diharapkan Turut Tekan Angka Pengangguran

Slawi. Radardesa.com  – Sebagai organisasi kewirausahaan, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI Kabupaten Tegal diharapkan ikut serta menekan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Tegal. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tegal Dadang Darusman pada acara Pelantikan Pengurus  Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten Tegal 2019-2022 di Hotel Grand Dian Slawi, Sabtu (29/2) pagi tadi.
Seperti yang ketahui bersama, bahwa angka pengangguran terbuka di Kabupaten Tegal mencapai 8,21 pesen pada tahun 2019. Untuk itu, Dadang berharap Hipmi dapat bergerak cepat, ikut serta menuntaskan persoalan mendasar di sektor ketenagakerjaan.
“Hipmi juga diharapkan mampu melahirkan generasi pengusaha muda lainnya, mencetak kader wirausaha muda sebagai pilar pembangunan perekonomian daerah yang kokoh, mandiri dan berkelanjutan,” kata Dadang.
Dadang percaya bahwa hadirnya Hipmi yang terdiri dari pengusaha muda ini dapat menghadirkan kebermanfaatan dan kemuliaan bagi orang-orang sekitar melalui cipta karya dan cipta lapangan kerja.
Hal itu juga didukung dengan adanya peluang bonus demografi, sebagai gambaran dari data BPS tahun 2018 menyebutkan bahwa setengah atau 50,62 persen populasi Kabupaten Tegal adalah penduduk dibawah usia 30 tahun. Dengan meningkatnya jumlah populasi usia kerja tentunya memerlukan lebih banyak lagi lapangan kerja, maka upaya menciptakan wirausaha muda adalah salah satu solusinya.
Sejalan dengan itu, lanjut Dadang Pemkab Tegal juga sedang berupaya menyederhanakan regulasi pelayanan perizinan dalam mereformasi birokrasi. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses, memberikan garansi kepada masyarakat, kepada publik akan layanan perizinan yang mudah, terbuka, tepat waktu dan pastinya terbebas dari praktik Pungli.
Ditempat yang sama Ketua Umum BPC Hipmi Kabupaten Tegal Muhammad Alfian Adi Pradana menyampaikan upaya Hipmi dalam menekan angka pengangguran terbuka, salah satunya dengan menyelenggarakan Hipmi goes to school maupun berkunjung ke pesantren. “Nantinya akan memberikan pelajaran kewirausahan, Insya Allah kita juga menyediakan modal untuk para siswa maupun santri yang minat berwirausaha. Sehingga harapannya dapat menekan angka pengangguran terbuka,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Tengah Billy Dahlan menyampaikan bahwa salah satu peran Hipmi adalah mendukung ekonomi Indonesia. Dengan mendukung dan membimbing para pengusaha muda pemula yang akan terjun di dunia kewirausahaan. Harapannya ke depan di Kabupaten Tegal akan muncul pengusaha muda yang hebat dan memberikan manfaat bagi banyak orang. (Siti Aminah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar