Hankam

Hankam

Donor Darah Dan Pengobatan Massal di Kodim Brebes, Beri Kepuasan

Brebes, Radardesa.com. Salah satu cara dalam mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Tuhan YME di dalam kehidupan kita adalah dengan membantu sesama ciptaan. Sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan diri pribadi adalah dengan mentransfusikan darah. Berterima kasih kepada-Nya bisa dimulai dengan hal-hal kecil di sekitar kita seperti tersebut.

Untuk itulah Kodim 0713 Brebes mewadahi para sukarelawan segenap elemen dan instansi di wilayah Kabupaten Brebes. Ratusan kantong darah disiapkan UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Brebes. Disampaikan Dandim melalui Perwira Teritorial, Kapten Arhanud Nediono bahwa, dalam rangka memperingati HJK (Hari Juang Kartika) atau Hari Jadi Korps Infanteri Angkatan Darat Ke-73 tahun 2018, Kodim menggandeng Dinas Kesehatan dan PMI Brebes, menggelar Pengobatan dan Donor Darah Massal untuk masyarakat umum di 17 Kecamatan Kabupaten Brebes serta lintas sektoral. Rabu (12/12/2018).

“Jadi selain dapat menyumbangkan darah bagi kemanusiaan, masyarakat dapat juga berobat maupun cek kesehatan di sini. Kegiatan serupa juga dilaksanakan jajaran TNI di seluruh wilayah Indonesia dalam menyambut Hari Juang Kartika kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir berpartisipasi, termasuk para pelajar,” terangnya.

Sementara dijelaskan dr. Libra Hendra (30) baju batik dari Puskesmas Pemaron Kecamatan Brebes adalah, keputusan relawan menyumbangkan darah dapat menyelamatkan satu bahkan beberapa kehidupan sekaligus. Tak hanya menguntungkan bagi penerima darah saja, namun manfaatnya juga akan didapatkan pendonornya.

“Beberapa manfaat mendonorkan darah antara lain dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, sebab kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung. Kedua, menurunkan risiko kanker, jika melakukan donor dapat mengurangi zat besi yang berlebih dalam tubuh,” terangnya.

Disampaikan lebih lanjut bahwa, transfusi dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Selain itu setiap calon pendonor sebelumnya akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah, ini berguna mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis B dan C, Sifilis dan malaria serta mengetahui kadar hemoglobin (Hb). Sehingga donatur darah dapat mengantisipasi penyakit sedini mungkin.

“Dengan pengecekan darah terlebih dahulu, sangat penting untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi. Selain yang saya sebutkan tadi, manfaat lainnya adalah membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia pendonor. Psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah, bonusnya tentunya merasakan kepuasan psikologis,” imbuh dr. Libra. (pendim0713brebes/Aan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Donor Darah Dan Pengobatan Massal di Kodim Brebes, Beri Kepuasan"

Posting Komentar