Hankam

Hankam

H. Purnama Gagas Program Keberpihakan Rakyat

(foto doc. kuningan religi)

Radardesa-Kuningan,

H. Purnama calon anggota DPRD Kabupaten Kuningan Jawa Barat menggagas beberapa program yang berpihak kepada rakyat. Calon dengan nomor urut 5 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berniat mewujudkan program dimaksud sebagai visi dan misinya ketika masyarakat nanti memberikan suara terhadap dirinya pada pelaksanaan Pemilu 27 April 2019 mendatang.

Pria ini berharap para pemilih yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan Ciawigebang, Cidahu, Kalimanggis, Lebakwangi, Maleber dan Cipicung mengalirkan kepercayaan agar dirinya memiliki kesempatan duduk di 'Gedung Rakyat' sehingga dapat mengejawantahkan beberapa konsep yang sudah digagasnya tersebut.

Demikian dikemukakan H. Purnama saat dikunjungi Radardesa di kediamannya pada Kamis (13/12) sore hari. Menurutnya, ada beberapa program prioritas yang ingin diperjuangkan apabila dirinya berhasil melenggang menjadi anggota DPRD Kabupaten Kuningan."Saya sudah menyusun beberapa agenda penting yang ingin diperjuangkan di gedung DPRD nanti sebagai visi dan misi jika masyarakat di Dapil III ini memberikan amanah,"ucapnya.

Dia mengatakan, hal pertama yang ingin dia lakukan adalah bagaimana Kuningan sebagai Kabupaten Pariwisata mampu berkembang dan dikembangkan salah satunya melalui konsep Ekonomi Kreatif."Ekonomi kreatif ini pada dasarnya merupakan sistem pemberdayaan masyarakat yang mencoba memberi ruang terhadap potensi karya-karya lokal warga pribumi,"katanya.

Dirinya sejauh ini telah melihat langsung ke lapangan, sejumlah daerah yang tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan memiliki beragam karya kegiatan usaha masyarakat yang cukup potensial."Kita tahu di Cibeureum ada pengolahan produksi tape ketan asli, di Ciomas menjamur wirausaha konpeksi dan banyak lagi jenis-jenis produk yang dikerjakan serta dihasilkan sendiri warga pribumi,"ucap pria familiar ini memberi contoh.

Dijelaskannya, sejumlah karya serta kegiatan usaha serupa itu sangat berbanding lurus dengan program Pemerintah Daerah  menjadikan Kuningan sebagai Kabupaten Pariwisata."Insya Alloh ketika saya sukses bisa menjadi wakil rakyat hal ini akan kita dorong bersama-sama dengan seluruh komponen terkait terutama dengan pihak pemerintah daerah melalui Bupati,"harapnya.

Selanjutnya, tidak kalah penting lanjut Purnama konsep kedua yang ingin diterapkan  membangun Ekonomi Produktif.  Langkah konkrit yang digagas melalui konsep ini salah satunya adalah mengutamakan agar hasil-hasil karya dan produksi warga pribumi bisa masuk dan turut dipasarkan di super market atau toko-toko swalayan yang ada di Kota Kuningan dan sekitarnya."Hasil produksi pribumi akhirnya lancar dalam proses pemasarannya,"terang pria yang pernah menjadi Kapolsek Ciniru ini bersemangat.

Pada kondisi ini, Bupati sebagai Kepala Daerah tentu dapat berperan membuka suara dengan para pemilik super market agar memprioritaskan produk-produk lokal hasil warga pribumi harus dapat diterima serta turut dipasarkan pada tempat-tempat dimaksud."Kita nanti memilih beberapa cara atau metoda yang tepat agar pencanangan ini bisa berjalan dengan baik,"tandas pria yang pada saat bertugas sebagai polisi mendulang berbagai penghargaan ini.

Kemudian untuk gagasan yang ketiga, Dia menyoroti sisi  Pertanian di Kabupaten berjuluk Kota Kuda itu. Beberapa daerah khususnya wilayah Kabupaten Kuningan bagian utara dan selatan masih banyak terlihat lahan-lahan tidur yang belum produktif khususnya untuk kegiatan pesawahan."Ada beberapa titik lokasi yang penyebab utamanya karena penyaluran ketersediaan air yang belum merata,"paparnya.

Berbagai potret yang nampak dilapangan serupa itulah yang kemudian mengilhami pemikirannya untuk fokus juga pada visinya di bidang pertanian."Mudah-mudahan berbagai aspek yang telah dikaji dan digali dari lapangan menjadi dasar bagaimana saya nanti bisa berbuat yang memberikan manfaat bagi masyarakat,"harapnya.

Untuk itu, sebelum mengakhiri pembicaraan Dia sempat meminta doa serta dukungan dari semua warga Kabupaten Kuningan agar hajatnya dikabulkan Alloh SWT."Semoga masyarakat di Dapil III mengalirkan dukungan berupa pemberian suara agar dirinya berkesempatan melaksanakan program-program yang berpihak kepada rakyat,"pungkasnya. * Nacep S.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "H. Purnama Gagas Program Keberpihakan Rakyat"

Posting Komentar