Keberhasilan Pemilu 2019 Kuncinya Sinergitas Pengamanan TNI-Polri


Brebes, Radardesa.com – Netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu 2019 merupakan salah satu kunci yang akan menentukan keberhasilan hajatan Bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan Dandim 0713 Brebes, Letkol Infanteri Faisal Amri dalam Rapat Pemantauan Perkembangan Pilpres dan Pileg Serentak 2019 di Aula Jenderal Soedirman Makodim. Kamis (3/1/2019).

Ditegaskan Dandim di hadapan para Danramil dan Babinsa, dalam bidang pengamanan TNI bersinergi dengan Polri dan harus mampu menunjukkan komitmen kuat dalam pelaksanaan tugas sehingga pesta demokrasi rakyat dapat berjalan sukses. Selama pentahapan dan pelaksanaan Pemilu, TNI bersama Polri harus mampu mewujudkan Kamtibmas, mencegah terjadinya anarkisme, kerusuhan sosial baik vertikal maupun horizontal serta mencegah terjadinya kerawanan lanjutan yang berpotensi mengancam kedaulatan negara. Tentunya upaya perbantuan pengamanan ini, tidak bisa dicapai secara instan, sehingga dibutuhkan proses yang salah satunya melalui sosialisasi tentang aturan yang berlaku, mekanisme perbantuan, prosedur pengamanan dan penyamaan persepsi.
Menurut Faisal Amri, kerawanan-kerawanan Pemilu 2019 diantaranya pada tahap masa kampanye, distribusi logistik, masa tenang pemungutan dan penghitungan suara. Dengan pengalaman Pilkada serentak 2018, simulasi penanganan hal-hal yang tidak diinginkan tersebut telah disimulasikan, termasuk pengamanan objek vital dan pejabat penyelenggara Pemilu.

Diharapkan saat pelaksanaan dilapangan nanti jika telah terjalin sinkronisasi, benturan antar aparat tidak terjadi. (pendim0713brebes Aan/Dade).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keberhasilan Pemilu 2019 Kuncinya Sinergitas Pengamanan TNI-Polri"

Posting Komentar