Gelar Budaya Wujud Ekspresi Seni Budaya Daerah di Kabupaten Tegal - RADARDESA

BREAKING

Minggu, 17 November 2019

Gelar Budaya Wujud Ekspresi Seni Budaya Daerah di Kabupaten Tegal




TEGAL - Gelar Budaya bisa wujud ekspresi seni budaya daerah yang dikemas dengan berbagai kreatif oleh masyarakat. Hal ini diungkapkan Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Ahmad Was’ari, saat memimpin pergelaran tari topeng Rongewu Sangalas, di Lapangan Alun-alun Hanggawana Slawi Kabupaten TegalMinggu (17/11/19).

Menurutnya, pergelar Budaya tari topeng Rengewu Sangalas, merupakan tari masal yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal yang melibatkan 2019 peserta terdiri dari kalangan masyarakat, seniman dan pelajar di wilayah Kabupaten Tegal.

Keberadaan dan konsistensi nilai seni dan budaya daerah di Kabupaten Tegal sendiri dimaksudkan untuk mengangkat harkat, martabat, citra dan jati diri, yang secara keseluruhan harus dicerminkan melalui langkah dan perilaku luhur masyarakat pendukungnya. Sebab harus disadari semua pihak, penghargaan dan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan daerah, merupakan pusaka budaya yang patut dikedeepankan, untuk mengetengahkan gerakan sadar budaya, sehingga mampu menjadi jembatan kebanggaan terhadap budaya daerah itu sendiri.

Sementara dalam sambutan Bupati Tegal yang disampaiakan oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardi BSc mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Tegal mengapresiasi dengan terselenggaranya tari masal topeng kelana yang diikuti dari berbagai elemen masyarakat Kab. Tegal. ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah Kab. Tegal dalam melestarikan budaya lokal di wilayah Kab. Tegal.

Disisi lain kegiatan ini merupakan benteng dari pertahanan kita dalam globalisasi dunia, dimana bagaimana kita bisa menangkal serangan dari media sosial melalui budaya kita sendiri, harapan saya melalui gelar budaya yang kita laksanakan hari ini setidaknya bisa menarik wisata lokal dan domistik di Kab. Tegal.

Kegiatan Gelar Budaya diharapkan juga bisa mengkolaborasikan berbagai potensi daerah yang dimiliki, sehingga ada multiplyer effect, yang pada akhirnya akan lebih menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut Sabililah Ardie BSc ( Wakil Bupati Tegal ), Kapten Inf Shokib ( Danramil 14/Slawi ), Kapten Inf Rahmad ( Dankipan B Yonif 407/PK ), Kompol Ngaken Putra ( Kabagren Polres Tegal ), Ibu Sumitri ( Maestro Tari Topeng Kelana Kab Tegal ), Hj. Novuyatul Faroh S.IP ( Ketua Komisi IV DPRD Kab Tegal ), Ahmad Was'ari ( Plt Kepala Dikbud Kab Tegal ).(Nrs*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar