Hankam

Hankam

Dandim 0713 Bawa Nama Harum Brebes Juarai Jurnalistik TMMD Reguler 100

Brebes – Brebes Juara ke-II pada Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler Ke-100 tingkat nasional, adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi seluruh rakyat Brebes khususnya insan pers nya dengan berkolaborasi dengan Kodim 0713/Brebes.

Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-100 Kodim 0713/Brebes sukses dilaksanakan secara terintegrasi bersama rakyat, dengan bantuan serta peran aktif dari seluruh elemen di Kabupaten Brebes terutama pemerintah daerahnya.

TMMD selama ini diselenggarakan melalui proses perencanaan yang matang dengan mengutamakan aspirasi dari bawah, guna mewadahi kepentingan masyarakat di daerah sasaran secara komprehensif dan integral guna meningkatkan akselerasi dan pemerataan pembangunan di daerah tertinggal maupun terisolir dengan lain tujuan adalah peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat melalui pembangunan-pembangunan infrastuktur melalui TNI-Rakyat setempat.

Acara penyerahan piala lomba jurnalistik TMMD Reguler ke-100 Tahun 2017 berbarengan dengan Rapat Paripurna TMMD Ke-38 Tahun 2017 dengan tema "Manunggal Bersama Membangun Desa" yang bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jln. Dr. Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan (Selasa, 12/12/2017), dimulai dengan pembacaan amanat dari Panglima TNI yang baru yaitu Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P melalui Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A, M.B.A yang antara lain bahwa TMMD dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI dalam rangka upaya percepatan pembangunan nasional di pedesaan.  "Daerah yang menjadi prioritas pelaksanaan program tersebut dilaksanakan di tempat yang tergolong miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, daerah kumuh perkotaan, serta daerah yang baru saja terkena dampak bencana," ujarnya.

"Ini bukanlah program Tentara Nasional Indonesia (TNI) semata, melainkan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Program ini tidak hanya membawa manfaat percepatan pembangunan di daerah-daerah tertentu, melainkan meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan, melalui kegiatan fisik dan non fisik yang dilakukan selama 30 hari, program TMMD ini juga dapat membangkitkan nilai-nilai kebersamaan dan semangat gotong royong di tengah masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa mulai tahun 2017 pelaksanaan TMMD dilakukan perubahan, yang semulanya dilaksanakan dua kali dalam setahun, namun pada tahun ini ditambah menjadi tiga kali dalam setahun dan pada 2017 ini telah memasuki periode yang ke-100. "Selama tahun 2017, kegiatan TMMD dilaksanakan di 171 sasaran dengan rincian TMMD ke-98 sebanyak 61 sasaran, TMMD ke-99 sebanyak 58 sasaran dan TMMD ke-100 sebanyak 52 sasaran. Selanjutnya pada tahun 2018 nanti direncanakan sebanyak 150 sasaran dengan rincian TMMD ke-101 sebanyak 50 sasaran, TMMD ke-102 sebanyak 50 sasaran dan TMMD ke-103 sebanyak 50 sasaran," pungkasnya.

Acara selanjutnya adalah penyerahan penghargaan dari Panglima TNI melalui Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan dan Kasad Jenderal TNI Mulyono, antara lain adalah kepada pejabat/Kepala Daerah yang telah mendukung kegiatan TMMD Reguler Ke-98, 99 dan 100 dengan anggaran 3 terbesar, Jurnalistik pemberitaan TMMD Reguler Ke-100 kategori Dansatgas/Dandim TMMD terbaik, Jurnalistik TMMD Reguler Ke-100 kategori Media Elektronik terbaik dan Jurnalistik TMMD Ke-100 kategori Media Cetak/Online terbaik.

Untuk Brebes menyabet Juara Ke-II Jurnalistik pemberitaan TMMD Reguler Ke-100 kategori Dansatgas/Dandim TMMD terbaik yang diterima oleh Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, yang diserahkan langsung oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Mulyono. Sementara itu keluar sebagai juara petamanya adalah Dandim 0715/Kendal Kodam IV/Diponegoro dan sebagai juara ketiga adalah Dandim 0619/Purwakarta Kodam III/ Siliwangi. Dalam kesempatan tersebut Danrem 071/WK Kolonel Inf Suhardi berkenan mendampingi Dandim 0713/Brebes dalam menerima penghargaan yang membawa nama harum Kabupaten Brebes, Korem 071/Wijaya Kusuma dan Kodam IV/Diponegoro.

Penerima penghargaan Kepala Daerah, yaitu Pemkab Purwakarta TMMD Reguler Ke-100, Pemkab Mahakam Ulu TMMD Reguler Ke-98 dan Pemkot Medan pada TMMD Reguler Ke-99 yang kesemuanya pada Tahun 2017 ini.

Untuk penghargaan Jurnalis TMMD Reguler Ke-100 kategori Media Cetak dan Online, sebagai juara pertama Sigiranus Marutho Bere dari kompas.com Atambua melalui Kodim 1605/Belu Kodam IX/Udayana, juara kedua Golda Eksa Media Indonesia melaui Kodim 0415/Batang Hari Kodam II/Sriwijaya dan juara ketiga Yusni Hardi dari Mata Banua wilayah Kodim 1008/Tanjung Kodam VI/Mulawarman.

Sedangkan para pemenang untuk Jurnalis TMMD Reguler Ke-100 kategori Media Elektronik/Televisi adalah, juara pertama Zikri Maulana (Kompas TV Aceh) wilayah Korem 011/Lilawangsa melalui Kodim 0103/Aceh Utara Kodam Iskandar Muda, juara kedua Saeful Effendi (RCTI Yogyakarta) wilayah Korem 074/Wrt malaui Kodim 0735/Surakarta Kodam IV/Diponegoro serta juara ketiga Ode Alfin Risanto (Inews TV Ambon) malalui Kodim 1503/Tual dan Korem 151/Bny Kodam XVI/Pattimura.

Sebagai penutup acara dilaksanakan penyerahan juara Lomba Foto Humanis TMMD Reguler Ke-100 kemudian dilanjutkan Rakor TMMD Ke-101 Tahun 2018 oleh Aster Kasad. (Aan-red).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim 0713 Bawa Nama Harum Brebes Juarai Jurnalistik TMMD Reguler 100"

Posting Komentar