Hankam

Hankam

Para Babinsa Salem, Kroyok Padi Poktan Subur Jaya

Brebes – “Pendampingan panen raya,” Apa yang TNI Brebes lakukan bersama petani padi, adalah semata-mata guna meningkatkan SERGAP (Serapan Gabah) para petani serta dalam mensukseskan swasembada pangan nasional, Para Babinsa Ramil 13/Salem Kodim 0713/Brebes bersama dengan PPL Kecamatan Salem melaksanakan pendampingan panen padi Poktani Subur Jaya 2 di areal persawahan seluas 4 hektare di Dusun Cikokoro Desa Bentar Kecamatan Salem. Rabu (6/12/17).

Rutinitas para Babinsa Kodim 0713/Brebes ini, dalam melakukan pendampingan tanam maupun panen padi yang tersebar diwilayah koramil masing-masing se-Kabupaten Brebes.

Ditempat terpisah Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono melalui Kapten Inf Agus Sulistyo Danramil 13/Salem menyatakan, “Guna mendukung program swasembada pangan dan pencapaian target ketahanan pangan nasional, para Babinsa kami dibantu dengan PPL Kecamatan, selalu melakukan pendampingan dari tahap pengolahan lahan, realisasi tanam, pemupukan, dan pengendalian OPT serta pendampingan panen dan pasca panen dengan penjemuran GKP, itu sudah merupakan tugas bagi para Babinsa karena TNI sudah teken kontrak membantu pemerintah sesuai dengan instruksi dari Panglima TNI dan Menteri Pertanian RI,” terangnya.

Agus Sulistyo juga menambahkan, “Kami juga berharap agar para petani mau menanam padi secara serentak dengan jejer legowo yang sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Dinas Pernanian Kabupaten Brebes, sehingga mendapatkan hasil panen dengan produktifitas yang tinggi yang akan membawa keuntungan bagi para petani itu sendiri,” pungkasnya.

Bapak Sunarya (49) salah satu anggota Poktan Subur Jaya 2, “Saya mewakili para petani Dusun Cikokoro, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Babinsa Koramil Salem yang telah banyak membantu para petani, walaupun cakupannya hanya pendampingan maupun penyuluhan bersama PPL, namun hal ini sangat bermanfaat bagi para petani. Jika Pak Tentara saja mau mengolah sawah kami, masak kami sendirinya berpangku tangan. Sekali lagi terimakasih Bapak Babinsa Salem,” ucap Sunarya.

Kodim 0713/Brebes juga menyediakan bantuan berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang disiagakan disetiap Koramil, hal ini dengan maksud agar dapat meringankan beban cost (biaya) petani guna menanam padi, untuk mempercepat proses tanam. Disamping itu,

Danranmil 13/Salem bersama dengan para Babinsanya, selalu memberikan motivasi kepada para petani atau Poktan, dalam untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah diwilayahnya masing-masing dengan tujuan agar apa yang ditargetkan oleh para petani dan pemerintah (Swasembada pangan) dapat tercapai maksimal. (Aan-red).

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Babinsa Salem, Kroyok Padi Poktan Subur Jaya"

Posting Komentar