DANDIM TEGAL HADIRI PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN KEPALA DESA DI PEMKAB TEGAL - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 19 Desember 2017

DANDIM TEGAL HADIRI PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN KEPALA DESA DI PEMKAB TEGAL

Tegal - Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto,S.Sos menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa hasil pilkades serentak gelombang I Pemerintahan Kabupaten Tegal tahun 2018 oleh Bupati Tegal Entus Susmono, bertempat di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal.Senin(18/12)

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa dihadiri, Kasbrig-4/DR Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi,S.I.P, Dandim Tegal Letkol Kav Kristiyanto,S.Sos, Wakapolres Tegal Kompol Purbaya S.I.K,Pa Uryar Lanal Tegal Lettu Laut (S) Jaenuri,Asisten 1 Administrasi Pemerintah Sekda Pemkab Tegal Nurlaleli,Kadin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Tegal Prasetawan,SH.M.Hum,OPD Pemkab Tegal,Muspika Jajaran Pemkab Tegal,Panitia pengarah Pemantau Pilkades,Kepala Desa yang dilantik dan pendudunk Masing-masing Kades.

Dalam sambutanya, Bupati tegal mengatakan,”Segera lakukan konsolidasi kedalam untuk membangun iklim kerja yang kondusif dengan pembagian kerja yang jelas, yang mampu membangun kesatuan dan keselarasan organisasi. Momentum ini penting untuk mewujudkan tata kelola birokrasi pemerintah desa yang baik dan bebas dari KKN.”terangnya.

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kedepankan harus profesional, efisien dan efektif, terbuka dan bertanggung jawab dengan mengesampingkan kepentingan pribadi ataupun golongan, terutama jika itu menyangkut pelayanan publik.

Reformasi Pelayanan Publik melalui Ciptakan terobosan atau inovasi yang berdampak kemajuan birokrasi pemerintah desa. Kemudian Berikan kepastian kepada warga terkait prosedur pengurusan administrasi, termasuk pengenaan tarif jika ada, sesuai Perdes serta Pastikan ada layanan jam kerja yang jelas.

Dokumen Rencana Pembangunan Desa yaitu Segera rancang dan tetapkan RPJM Des sebagai pedoman pembangunan jangka menengah desa sekaligus penterjemahan visi dan misi saudara saat kampanye pencalonan Kades lalu, semua itu harus sejalan dan ada keterkaitannya dengan  kebijakan pembangunan daerah dan Pemerintah diatasnya,serta tidak boleh bertentangan

Program Linier Daerah/Nasional meliputi : Pembangunan infrastruktur desa,  Percepatan penanggulangan kemiskinan,Penciptaan Pembukaan lapangan kerja baru untuk mengatasi pengangguran, Pencegahan Anak Putus Sekolah, Penciptaan inovasi desa, Pengembangan wisata desa, Ketahanan pangan, Kerjasama antar Lembaga, Jalin kerjasama dengan desa-desa lainnya di wilayah  sekitar dalam konteks pembangunan kawasan perdesaan, Perkuat jejaring dengan lembaga mitra seperti Karang Taruna, Bangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak, termasuk dengan kalangan pelaku usaha.

Dana Desa Tahun 2018 ada pemambahan Dana Desa sebesar 20,4 persen dari Rp.234 miliar di tahun 2017 menjadi Rp. 281,9 miliar di tahun 2018 ,dimana dana tersebut akan diprioritaskan penggunaannya untuk pembangunan infrastruktur jangka pendek melalui program padat karya  (cash for work)dan 100% dikerjakan secara swakelola oleh warga desa, tidak di kerjakan oleh penyedia jasa/kontraktor, terlebih kontraktor dari luar desa. Dana Desa harus maksimal untuk membuka lebih banyak lapangan kerja di desa, harus bisa mengurangi kemiskinan, karena sedikitnya, 30% dari Dana Desa tersebut juga harus dialokasikan untuk membayar upah tenaga guna meningkatkan daya beli masyarakatnya.

Bupati Tegal, Entus Susmono meminta bagi kades yang telah dilantik diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, serta melibatkan semua unsur masyarakat dalam melaksanakan pembangunan desa.

"Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk memperoleh dukungan dalam pelakasanaan kegiatan, sehingga beban yang ditanggung sebagai penanggungjawab pembangunan desa bisa menjadi lebih ringan," ucapnya.

Melalui kesempatan itu pula bupati mengingatkan agar dalam melaksanakan pemabangunan harus melalui musyawarah bersama degan mengajak BPD, LPMD, RW, RT, dan komponen masyarakat lainnya.

"Laksanakan tugas secara baik dan serius sehingga amanah yang dipercayakan kepada kita semua dapat bermanfaat bagi kelanjutan pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat,"tegasnya.

Ucapan selamat kepada Kades yang telah dilantik antara lain Seger Kepala Desa Pagiyanten Kec Adiwerna, ‎Juni Sukmadi Kepala Desa Kajen Kec Lebaksiu, Arif Maskur Kepala Desa Kesuben Kec Lebaksiu, ‎Mujiono Kepala Desa Kalibakung Kec Balapulang, ‎Suedi Kepala Desa Balapulang Wetan Kec Balapulang, ‎Mulyadi SPd Kepala Desa Cilongok Kec Balapulang, ‎Sri Rejeki Kepala Desa Pengarasan Kec Dukuhturi, ‎Chamdan SPdI Kepala Desa Kabunan kec Dukuhwaru, ‎Sopan Santun Kepala Desa Jenggawur Kec Pangkah, ‎Maskuri Kepala Desa Grobog wetan kec Pangkah, ‎Komarudin Kepala Desa Bojong Kec Bojong, Rokhmat Kepala Desa Cikura Kec Bojong,‎Basar Setiawan Kepala Desa Tarub Kec Tarub, ‎H.Sumaryo Kepala Desa Sidaharja Kec Surodadi, ‎Ahmad Zaeni Kepala Desa Jatimulya Surodadi, ‎Pramono Kepala Desa Sidamumya Kec Warureja, M Irfai Kepala Desa Dukuhjati kidul Kec Pangkah, ‎H Muhamad Budi Pramono Kepala Desa Pangkah Kec Pangkah, ‎Ahmad Junaedi Kepala Desa Ketanggunan Kec Dukuhturi, Tarsalim Kepala Desa Debong wetan  Kec Dukuhturi, Prima Adam Kepala Desa Jembayat Kec Margasari, ‎Atjep Fidias Kepala Desa Balapulang kulon Kec Balapulang, ‎Abduri Kepala Desa Jatiwangi Kec Pagerbarang,Untung Basuki Kepala Desa Semboja Kec Pagerbarang, ‎Saiful Anwar Kepala Desa  Adiwerna Kec Adiwerna,Agus Riyadi Kepala Desa Dukuhsalam Kec Slawi, Dani Irawan Kepala Dukuhwringin Kec Slawi dan ‎Purwanto Kepala Desa Brekat Kec Tarub.(Pendim Tegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar