Peringati Hari Kartini, Perempuan Harus bisa Beri Inspirasi - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 23 April 2019

Peringati Hari Kartini, Perempuan Harus bisa Beri Inspirasi


Tegal - Peringatan Hari Kartini ini sebagai bentuk pengharaan terhadap perjuangan Raden Ajeng Kartini saat masa penjajahan, dengan  menyuarakan hak-hak perempuan terkhusus di bidang pendidikan  dan sampai sekarang masih jadi inspiratif bagi kaum hawa.


Bertempat di halaman Pendopo Balaikota Tegal Jl. Ki Gede Sebayu Kel.Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz menghadiri Upacara Peringatan Hari Kartini ke-140 Tahun 2019 dengan Tema Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga Untuk Jawa Tengah Maju dan Berdikari,.
Upacara dimulai pukul 08.00 Wib dan dipimpin langsung oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono SE. MM. dengan Perwira Upacara : Lelys Siswinarti S.STP (Pemerintahan Umum dan Kerjasama Daerah) dan Komandan Upacara : Dwi Puspasari S. STP M.Si (BKPPD Kota Tegal)

Turut hadir dalam upacara tersebut Walikota Tegal H. Dedy yon Supriyono SE. MM, Wakil Walikota Tegal M. Jumadi, ST. M.M beserta ibu, Dandim 0712/Tegal diwakili oleh Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz, Kapolres Tegal Kota AKBP. Siti Rondhijah, S.si, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto, S.E., M.Tr.Hanla beserta ibu, Kejari Kota Tegal diwakili oleh Kasi Pidsus Bapak Roni Adi Satputra SH, Ketua Pengadilan Kota Tegal Djoni Witanto SH.MH, PJ. Sekda Kota Tegal Bapak Praptomo SH, Ketua GOW Kota Tegal Debby Abdal Hakim, Ketua Tim Pengerak PKK Kota Tegal Ibu Bella Dedy Yon, Ketua Darmawanita Kota Tegal Ibu Praptomo dan Staf ahli, asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah, para ASN Kota Tegal.

Dalam sambutan Menteri Sosial yang di bacakan oleh Walikota Tegal menyampaikan Kartini merupakan sosok pahlawan nasional yang dikenal tangguh dalam memperjuangkan emansipasi wanita. tanpa perjuangannya, wanita di indonesia saat ini sulit menikmati pendidikan dan kesetaraan hak dengan kaum pria. 

Kartini dikenal dengan wawasannya yang luas akan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. wanita tangguh ini pun memberi perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dengan melihat perbandingan antara wanita eropa dengan wanita pribumi. tidak hanya itu, kartini juga memberikan perhatian pada masalah sosial, menurutnya seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum.untuk mengenang jasa-jasanya, Indonesia memperingati hari lahir RA. Kartini setiap tanggal 21 April. 

Kesempatan berkembang yang dimiliki oleh kaum perempuan pada hari ini, sesungguhnya tidak berbeda dengan kaum laki-laki. hanya saja, belum semua menyadari potensi dan memanfaatkannya dengan maksimal. perempuan perlu menyadari potensinya sebagai instrumen yang efektif bagi pendidikan. 

Ibu adalah kunci dalam pendidikan bagi keluarga karena kedekatan yang dimiliki dengan anak sehingga ibu memahami benar apa yang menjadi ketertarikan anak-anak masa kini. ibu dapat menjangkau apa yang menjadi perhatian dan aspirasi kaum milenial. sebagai bagian dari generasi milenial, memang kaum milenial penuh dengan inovasi, terlepas dari gender. jika ada yang mempertanyakan mengapa bisa ada perempuan yang bergerak di bidang teknologi adalah karenaperempuan itu termasuk beruntung dibesarkan dan tumbuh dalam lingkungan di mana ia tidak pernah merasa dibedakan.

Sesungguhnya baik perempuan maupun laki-laki sudah memiliki perbedaannya sendiri sesuai kodrat.bentuk fisik perempuan dan laki-laki memang sudah berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda yang otomatis membedakan peran fungsi perempuan dan laki-laki tanpa perlu dipertajam.  yang perlu diperhatikan adalah pola pembagian waktu dan peran untuk memanfaatkan teknologi dan membagi kemampuan yang dimiliki perempuan dan laki-laki dalam keseharian. ini penting agar peran perempuan sebagai ibu dan istri serta peran laki-laki sebagai ayah dan suami, di luar karir dan pekerjaannya masing-masing, tidak terabaikan. 

Kedepan, tantangan bagi perempuan dalam menjalankan peran dan fungsinya di era digital tentu tidak mudah. peran pendidikan sangat penting dalam menjawab tantangan tersebut. alangkah besar bedanya bagi masyarakat indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, perempuan harus memperoleh kesempatan yang besar untuk mendapatkan pelajaran dan pendidikan bukan saja formal melainkan non formal. 

Siapa yang mau bergerak, dia yang bisa meraih targetnya, baik itu perempuan maupun laki-laki. terlebih dalam masa pemerintahan saya dengan bapak jumadi, kami akan memantau dan mengevaluasi kinerja asn kota tegal, khususnya di enam bulan pertama masa pemerintahan kami. asn kota tegal haruslah yang berdedikasi tinggi sesuai dengan visi pemerintah kota Tegal 5 tahun ke depan yaitu terwujudnya pemerintahan yang berdedikasi menuju kota tegal yang bersih, demokratis, disiplin, dan inovatif. bersama kita harus buktikan bahwa pemerintah didukung asn kota tegal mampu bekerja dengan baik, bersih, bertanggungjawab dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota tegal. demikian hal-hal yang dapat saya sampaikan. selamat Hari Kartini.(Pendim Tegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar