Pengecekan alat Early Warning System (EWS) di Bukit Geger nini Desa Dermasuci - RADARDESA

Jumat, 21 Februari 2020

Pengecekan alat Early Warning System (EWS) di Bukit Geger nini Desa Dermasuci


Pangkah - Babinsa Koramil 11/Pangkah Koptu Sugeng bersama Pamong Desa melaksanakan pengecekan Alat pendeteksi bencal di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal ., karena pada hari Kamis Tanggal 20 Februari 2020 pukul 12.11 s.d 13.45 Wib sirine alat Early Warning System (EWS) berupa Ekstensormeter yang berada di atas bukit geger nini berbunyi diakibatkan karena adanya pergeseran tanah yang berada diatas bukit.

Dengan adanya kejadian tersebut,ketua tim siaga bencana BPBD tingkat desa Sucipto langsung mengecek ke TKP tempat pemasangan alat Early Warning Sistem(EWS) di atas bukit Geger Nini berupa Ekstensormeter bunyi sirine dapat dihentikan pada posisi angka 10.

Menurut Sucipto Bahwa yang mentriger / memicu sirine berbunyi pada alat Ekstensormeter menunjukan pada posisi angka 10 yang disebabkan ada pergeseran tanah diatas bukit.

Saya komunikasi langsung via telepon dengan pemasang alat tersebut dan petunjuk dari pemasang alat tersebut agar dirubah pada posisi anggka 14 sehingga apabila nanti ada pergeseran yang mencapai pada posisi angka 10 sirine tidak berbunyi namun apabila mencapai posisi anggka 14 baru sirine tersebut akan berbunyi.”katanya.

Bahwa pada saat setting awal pemasangannya posisi tengah itu adalah di posisi angka 0. Kemudian sensornya pada angka yang berwarna merah. Apabila Sling tertarik (tanah bergeser) maka sensornya akan bergeser mengikuti pergerakan tanah sampai pada posisi ditengah. Ketika mencapai posisi tengah maka langsung mentrigger sirine, sehingga sirine berbunyi.”ucapnya

Dengan adanya alat ini tentu sangat membantu warga dalam mendeksi dan mengantisipasi adanya bahaya tanah longsor, namun tentunya pengamatan secara visual akan lebih valid sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan.

Sampai saat ini belum ada pergeseran lagi pada lokasi tersebut dan situasi masyarakat sekitar masih aman dan kondusif, namun masyarakat dihimbau untuk lebih waspada lagi apabila mendengar suara sirine dari alat EWS tersebut”pungkasnya (Ast)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar