Ini Yang Dilakukan Penduduk Banjarharjo Brebes Untuk Kesejahteraan Dan Keselamatan - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 12 Desember 2018

Ini Yang Dilakukan Penduduk Banjarharjo Brebes Untuk Kesejahteraan Dan Keselamatan

Brebes, Radardesa.comPuluhan penduduk Desa Cibuniwangi Kecamatan Banjarharjo melaksanakan normalisasi saluran irigasi desa sepanjang 930 meter dalam program Padat Karya untuk mengantisipasi banjir dan tanah longsor saat musim penghujan Oktober 2018-April 2019. Rabu pagi (12/12/2018).

Pengerukan sedimentasi sungai bakal terus berjalan saluran air diyakini sempurna menampung debit air hujan. 20 orang turun membersihkan irigasi arteri desa dengan dibantu Babinsa setempat, Serda Aan Rukanto, dari Koramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes.

Dijelaskan Danramil, Kapten Infanteri Agus Sulistyo, warga binannya sangat proaktif dalam upaya pencegahan bencana, mengingat kian dangkalnya saluran pembuangan air di sepanjang sepanjang 930 meter di wilayahnya itu. Rata-rata kedalaman saluran tersebut adalah hanya 0,5 meter saja. Selain pendalaman 1,5 meter, juga dilakukan pelebaran 3 meter. Sedangkan untuk perbaikan dan peningkatan saluran, menggunakan anggaran desa sebesar 54 juta rupiah.

“Sebelumnya, drainase yang mengarah ke sungai utama desa dipenuhi berbagai sampah plastik dan organik, seperti ranting dan pokok, bambu serta lumpur maupun pasir yang sudah lama mengendap. Mitigasi ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi dini bencana alam. Babinsa kami sifatnya hanya memotivasi warga sehingga lebih bersemangat dalam pekerjaan, karena dampaknya adalah kesejahteraan para warga disini khususnya petani dalam memenuhi kebutuhan air persawahan ataupun perkebunan,” ungkapnya. (pendim0713brebes/Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar