Aktifnya Babinsa Kalinusu dan Penyuluh Pertanian - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 02 April 2019

Aktifnya Babinsa Kalinusu dan Penyuluh Pertanian

Brebes, Radardesa.com - Babinsa Kodim 0713/Brebes, Koramil 08/Bumiayu Desa Kalinusu Serda Joko Erwanto, bersama Penyuluh Daryanto melaksanakan pengecekan lahan pertanian, Selasa (02/04/2019).

Sebelumnya sudah dilaksanakan penyuluhan dengan para petani, poktan dan gapoktan di Desa Kalinusu derngan mengedepankan sistem penanaman padi sawah biasanya di dahului dengan pengolahan tanah secara sempurna, mulai pembajakan/ pencangkulan, pelumpuran dan persemaian. Cara ini banyak kelemahannya, diantaranya adalah pemborosan air, karena lebih dari sepertiga kebutuhan air hanya untuk pengolahan tanah dan pelumpuran.

Disamping itu perlu tenaga kerja yang cukup tinggi, sehingga biaya meningkat. Tanam padi sawah tanpa olah tanah (TOT) merupakan alternatif teknologi terobosan baru. Dari beberapa percobaan dan penelitian yang dilakukan di tingkat petani ternyata tanah sawah tidak perlu diolah berat dan dilumpurkan, tetapi cukup dilakukan pengolahan sedikit/ minimal atau bahkan tanpa olah tanah sama sekali.

Dalam perjalanan panjangnya seharian penuh di sawah, Serda Joko menuturkan bahwasannya selama ini Babinsa dan PPL Bumiayu selalu aktif dalam mensukseskan swasembada pangan nasional yang dicanangkan Pemerintah. Ungkapnya. (Utsm0713).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar