Hankam

Hankam

Siap Tanggap Bencana. Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput Vetiver


Pemalang – TNI ,Polri beserta masyarkat melaksanakan penanaman rumput Vetifer dan siap tanggap bencana, di Bukit Gambangan Dkh. Tumanggal Ds. Banyumudal Kec. Moga Kab. Pemalang pada Selasa (11/2/2020).

Dalam sambutan Dandim 0711/Pemalang Letnan Kolonel Inf  Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, menyampaikan  “Wilayah Pemalang selatan bagian Watukumpul, Belik, Moga, ini memang Pegunungan yang rawan terjadi longsor maka dari itu, Hari ini kami dari Polres Pemalang bersama sama dengan segenap elemen masyarakat memualai menanam jenis rerumputan yang namanya rumput Vetiver dimana rumput jenis ini memiliki kelebihan untuk mengikat tanah lebih kuat daya cengkramnya, dimana Presiden kita Bapak Jokowi memerintahkan kepada pemerintah daerah termasuk kita semua yang wilayahnya rawan tanah longsoragar menanam rumput Vetiver ini. Hal ini sudah dibuktikan bahwa Bapak Jokowi telah menanam rumput jenis ini di desa Pasirmadang, sukajaya, Bogor Jawa barat dimana kawasan tersebut sering dilanda tanah longsor”.tuturnya

AKBP Edy Suranta Sitepu S.I.K, M.H (Kapolres Pemalang), juga menekankan, “Melalui penghijauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon vetiver ( rumput akar wangi ) akan memperkokoh kondisi tanah dan sangat ampuh menahan longsor karena perkembangannya cepat dan akarnya bisa tumbuh  mencapai empat meter dan cocok ditanam di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan longsor sehingga tanah akan tahan dengan longsor. Diwaktu penghijauan akar pohon-pohon akan menyerap air, sabagai cadangan nanti kalo musim kemarau sehingga air tidak sulit” ujar kapolres.


Masyarakat mengapresiasi dengan adanya peran TNI AD khusus nya Koramil 10/Moga dan Polres Pemalang yang dengan sigapnya membantu menggalakkan penanaman pohon. (Pendim0711/Pemalang).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siap Tanggap Bencana. Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput Vetiver"

Posting Komentar