Hankam

Hankam

Babinsa Koramil Bumijawa Kodim 0712 Tegal Hadiri Rakor Lokakarya Mini Turunkan Angka Stunting

 


Tegal – Dalam rangka mempercepat penurunan angka Stunting di wilayah Kecamatan Bumijawa, Pemerintahan Kecamatan Bumijawa gelar Rakor Lokakarya Mini di Aula Kantor Kecamatan Bumijawa, Senin(29/05/2023)

Hadir Camat Bumijawa Bpk. Drs. Giyarto, Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kec. Bumijawa Bpk. Drs. Ahmad Khumedi, MM. BKKBN Prov. Jateng wilayah Kec. Bumijawa Bpk. Bambang, Danramil 19/Bumijawa Kapten Inf Ady Sulistyo yang di wakili Sertu Taryono, Peserta Rapat Lokakarya dan perwakilan para kader posyandu.

Dalam Mini Lokakarya pada Senin (29/05/2023) ini, Drs. Ahmad Khumedi, MM yang sekaligus Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) kecamatan Bumijawa menjadi narasumber dan memaparkan terkait Monitoring dan Evaluasi Berkala Pelaksanaan Standar Operasional Pelayanan Pendampingan Keluarga Beresiko Stunting kepada TPPS Kecamatan, TPPS Desa/Kelurahan dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kecamatan Bumijawa.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis, sehingga pertumbuhan tinggi badan anak terhambat, dan anak terlalu pendek untuk seusianya.

Permasalahan ini diawali sejak bayi dalam kandungan karena orangtuanya kekurangan gizi, katanya. Kondisi Stunting sendiri bisa nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Hal ini, ungkap Bpk. Ahmad Khumedi, disebabkan kurangnya pengetahuan ibu hamil dalam menjaga kesehatan kehamilannya.

"Oleh karena itu, diharapkan ada rasa kepedulian para kader untuk selalu mengingatkan para ibu hamil yang ada di wilayahnya agar rajin memeriksakan kandungan dan menjaga pola makannya dengan gizi seimbang," pungkasnya

Sementara dalam sambutan Camat Bumijawa Drs. Giyarto menyampaikan mini lokakarya ini bertujuan untuk membahas hasil monitoring evaluasi hasil pencatatan TPK yang kemudian akan diintervensi kepada keluarga yang beresiko stunting.

“Diharapkan ini bisa mengubah perilaku dan ketika sudah mendapat pendampingan, harapannya stunting ini bisa dicegah lebih awal,” jelas Giyarto. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Koramil Bumijawa Kodim 0712 Tegal Hadiri Rakor Lokakarya Mini Turunkan Angka Stunting "

Posting Komentar