Hankam

Hankam

Penyuluhan Stunting Warnai TMMD Non Fisik Di Desa Sokatengah Kec. Bumijawa

 


Tegal - Penyuluhan Stunting yang digelar Kodim 0712/Tegal bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal tersebut berlangsung di Desa Sokatengah Kecamatan Bumiajwa Kabupaten Tegal, pada Senin (22/05/2023).

Acara Penyuluhan Stunting ini merupakan program Non fisik yang dilaksanakan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahun 2023 Kodim 0712/Tegal, yang diikuti oleh 50 orang. Hadir pada kegiatan tersebut Pasi Ter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Sokib S, Dispermades Kab. Tegal Bpk Rico, Danramil 19/Bumijawa.Kpt Inf Adi Sulistiyo beserta Babinsa, Kades Sokatengah Bpk Gufron SH, Camat Bumijawa diwakili Kasi Pem Bpk Eko Budi SIP, Kapolsek Bumijawa diwakili Kanit Binmas Aiptu Sulistyo, Ka Puskesmas Bumijawa diwakil Ibu Fatihah S.Trb., Bati Bakti Peltu Suwaji dan Anggota, Linmas Desa Sokatengah, Masyarakat Desa Sokatengah, Ibu ibu PKK Desa Sokatengah .

Kapten Inf Shokib Setyadi, Ws. Pasiter  Kodim 0712/Tegal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait serta warga setempat yang telah bekerja sama melaksanakan penyuluhan Stunting pada warga binaannya.

"TMMD merupakan suatu wujud nyata  Bhakti TNI dan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan Lembaga pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal" ungkapnya

Ka Puskesmas Bumiajwa di wakili Ibu Fatihah S.Trb. menyampaikan Stunting adalah kondisi gagal tumbuh, dimana tumbuh kembang pada anak-anak terhambat, Stunting juga beresiko pada keluarga yang memiliki remaja putri, Ibu hamil, ibu menyusui dan anak balita.

Lanjut ia katakan Penyebab Stunting ada dua faktor, langsung dan tidak langsung. faktor langsung yaitu kekurangan Gizi dalam jangka waktu yang lama dan terjangkit infeksi sedangkan faktor tidak langsung meliputi pola asuh, pengetahuan Gizi pengasuh, sanitasi lingkungan dan kondisi ekonomi sosial keluarga.

Tujuan adanya penyuluhan stunting ini untuk memberikan pemahaman kepada ibu tentang Gizi balita, tentang pencegahan Stunting, sehingga dapat meningkatkan gizi balita melalui praktik pemberian makanan. Pungkas Ibu Fatihah S.Trb (Pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyuluhan Stunting Warnai TMMD Non Fisik Di Desa Sokatengah Kec. Bumijawa"

Posting Komentar