Hankam

Hankam

Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0712 Tegal Pasang U-Ditch Saluran Air

 


Tegal – Sudah memasuki Hari keduabelas pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap 1 tahun 2023, di wilayah Kodim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma, Satgas TMMD yang mengerjakan pemasangan drainase.

Mulai hari ini, Satgas bersama warga melakukan pemasangan U-Ditch yang berfungsi sebagai struktur dasar saluran air di RT 01 RW 04, kelurahan Mintaragen Kec. Tegal Timur kota Tegal. Senin (22/05/23)

"Alhamdulillah, hari keduabelas ini kita sudah mulai pemasangan U-Ditch pembuatan drainase. Ini sudah dapat sepanjang 50 meter. Pengerjaannya bareng-bareng Satgas TMMD bersama warga," kata Babinsa Kelurahan Mintaragen Serda Agus.

Lebih jauh Serda Agus Pramudiyanto menerangkan, kunci kecepatan dari pemasangan U-Ditch adalah presisi sejak pemasangan awal, diikuti dengan pemasangan berikutnya. Jika tidak presisi, akan ada celah antar U-Ditch.

"Kalau ada celah, itu nantinya jadi masalah. Bisa ada pengendapan sampah, kalau salurannya sudah dipakai. Juga akan ada genangan air antara tanah dengan U-Ditch. Nah, genangan ini bisa merusak beton U-Ditch, jadi umur pemakaian drainasenya berkurang," terang Serda Agus

Ia menambahkan, pemasangan ini sudah harus dimulau tahapannya sejak penggalian area drainase. Lebar dan kedalaman galian harus sesuai dengan ukuran U-Ditch.

"Saat pemasangan, pertemuan antar beton harus disambung dengan pengelasan plat. Kemudian nat-nya dilakukan dengan sambungan semen. Kalau kepanjangan saluran trasenya, bisa dibagai jadi beberapa titik sesuai acuan dasar elevasi, agar sesuai perencanaan," paparnya.

Terakhir, usai pemasangan, tambahnya, harus segera dilakukan pengurukan sisi kanan-kiri saluran air, agar U-Ditch tidak bergeser. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0712 Tegal Pasang U-Ditch Saluran Air"

Posting Komentar