Rapat Mini Lokakarya Penurunan Stunting Di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

 


Tegal - Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat membutuhkan peran lintas sektoral, salah satunya komitmen bersama melalui Kegiatan Mini Lokakarya Penanganan Stunting di wilayah Kec Talang, Selasa (09/05/2023)

Dalam kesempatan ini Camat Talang Dra Sumiyati  MM pimpin langsung rapat mini lokakarya penanganan stunting di Wilayah Kecamatan Talang yang dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Prov Jawa Tengah Bpk Bambang Rudihartono,  Pejabat Danramil 08/Talang Kapten Inf Radiono, Kapolsek Talang AKP Sudiyono, Perwakilan Puskesmas Talang dan Puskesmas Kaladawa,  Pengurus Muslimat dan Fatayat kec .Talang, Bidan pendamping Desa di Kec. Talang , Perwakilan dari KUA Kec. Talang.

Dijelaskan oleh Camat Talang bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badan menurut umurnya lebih rendah dari standar nasional yang berlaku.

Ia menegaskan bahawa penurunan stunting  sangat penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak. Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Anak stunting juga memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

Lebih lanjut beliau memaparkan Stunting dapat terjadi akibat kekurangan gizi pada anak. Dalam penanganan stunting Pemerintah Kecamatan Rupat melakukan beragam upaya. Dalam penanganan stunting ini, seluruh stakeholder khususnya ditingkat Desa/Kelurahan harus paham dengan pentingnya makanan bergizi dan seimbang mulai dari masa kehamilan hingga tumbuh kembangnya anak-anak. Untuk mengatasi masalah kekurangan gizi, Pemerintah telah meluncurkan berbagai program diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH).

Disampaikan oleh Danramil 08/Talang, Kapten Inf Radiono bahwa dengan adanya mini lokakarya penanganan stunting ini seluruh stakeholder di Pemerintah Kecamatan Talang segera melakukan koordinasi untuk penurunan angka stunting. Kita harus bekerja semaksimal mungkin, bersinergi dan terstruktur untuk penurunan angka stunting ini, sehingga nantinya apa yang dicanangkan oleh visi misi Kabupaten Tegal dibawah kepemimpinan Ibu Umi Azizah yang bermarwah, maju dan sejahtera dapat terlaksana (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rapat Mini Lokakarya Penurunan Stunting Di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal "

Posting Komentar