Hankam

Hankam

Cegah Erosi Dan Abrasi Pantai Kodim Jayapura Terus Canangkan Tanam Mangrove

 


JAYAPURA – Bertahap, bertingkat dan berlanjut Kodim 1701/Jayapura terus mencanangkan penanaman bibit pohon mangrove guna mencegah erosi dan abrasi pesisir pantai bertempat di kawasan hutan mangrove Pantai Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Kamis (4/5/2023).

Ikut serta dalam penanaman bibit pohon mangrove Pasiter Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf Afandi, Danramil 1701-01/Abepura Lettu Inf Mustofa, Danramil 1701-22/Muara Tami Kapten Inf Sungging, Kaur Komsos Sterdim Letda Inf Umar Rumodar, Kaur Bakti TNI Sterdim Letda Inf Agus Salim beserta 50 orang Babinsa.

Kegiatan penanaman mangrove dilakukan di sepanjang wilayah Pantai Enggros dimana sesuai rencana kegiatan penanaman bibit pohon mangrove selanjutnya akan di hadiri bapak Pangdam XVII/Cenderawasih. Pada kesempatan kali ini Kodim 1701/Jayapura menanam sebanyak 500 bibit mangrove yang mana sebelumnya telah di lakukan penanaman sebanyak 1000 bibit mangrove dari 5000 bibit yang di rencanakan.

Selain mendukung program Pemerintah Daerah kegiatan penanaman bibit pohon mangrove tersebut juga merupakan salah satu program Binter Kodim 1701/Jayapura yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan merehabilitasi pohon mangrove di sepanjang pesisir pantai Enggros.

Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Hendry Widodo melalui Pasiter mengatakan bahwa perlindungan dan penanaman kembali bibit pohon mangrove merupakan langkah penting bagi wilayah pesisir pantai dalam meminimalisir apabila terjadi abrasi. Dengan adanya hutan mangrove yang baik di kawasan pesisir juga dapat mengurangi resiko terjadinya bencana alam.

"Penanaman bibit mangrove dilakukan untuk memulihkan dan melestarikan kawasan pesisir pantai. Selain itu, hutan mangrove yang baik juga dapat meminimalisir terjadinya abrasi dan bencana. Sehinga warga masyarakat sekitar pesisir pantai dapat hidup nyaman, damai dan sejahtera," tegasnya.

Lebih lanjut, Mayor Inf Afandi menegaskan penanaman mangrove secara bertahap bertingkat dan berlanjut ini diharapkan dapat melindungi pantai dari abrasi serta memperbaiki habitat di pantai. Lebih-lebih berdampak pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya. Kodim 1701/Jayapura akan terus berupaya memulihkan kembali hutan-hutan mangrove yang ada di pesisir pantai Kota Jayapura, tutupnya. (Redaksi Papua)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Erosi Dan Abrasi Pantai Kodim Jayapura Terus Canangkan Tanam Mangrove"

Posting Komentar