Perangi Sampah, Aktivis Lingkungan Di Banjarharjo Brebes Lakukan Aksi - RADARDESA

BREAKING

Sabtu, 28 September 2019

Perangi Sampah, Aktivis Lingkungan Di Banjarharjo Brebes Lakukan Aksi

Brebes, Radardesa.com – Para pecinta lingkungan hidup, LSM Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bersama Babinsa Koramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes, serta para wartawan wilayah Banjarharjo, melakukan aksi pembersihan sampah liar untuk dijadikan taman hidup. Sabtu (28/9/2019).

Dibenarkan Babinsa, Serda Aan Rukanto, bahwa ini merupakan bentuk kepedulian dari ormas, pemerhati lingkungan serta media massa, merubah tempat pembuangan sampah liar masyarakat menjadi taman hidup di Jalan Raya Banjarharjo wilayah Desa Cikakak.

“Pembuatan taman hidup ini sebagai contoh kepada masyarakat agar lebih mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya.


Dijelaskannya lanjut, target taman adalah sepanjang 200 meter di sebelah barat SMAN 1 Banjarharjo. Ide atau gagasan berasal dari kolaborasi antara Babinsa, LSM, anggota Wartasidik.co.id serta komunitas facebook Banjarharjonews.

Sementara dikatakan Rio (kacamata), Jurnalis Wartasidik.co.id wilayah Jateng, bahwa taman hidup yang sedang dikerjakan mendapatkan bantuan ribuan bibit pohon kayu keras dan produksi dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Pemali-Jratun, Desa Baros Kecamatan Ketanggungan.

“Untuk tahap awal yang akan ditanam setelah pinggir jalan bersih dari sampah adalah pohon glodokan sebagai pemanis atau pemberi estetika Jalan Raya Banjarharjo wilayah Desa Cikakak sepanjang 1 kilometer,” ujarnya kepada Jurnalis Radardesa.Com, Aan Setyawan.

Selain itu juga direncanakan ditanam pohon buah-buahan yang nantinya dapat dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat serta para pengendara yang melintas. Kegiatan ini akan berlanjut sampai dengan target pembikinan taman tercapai.

Upaya memerangi sampah ini untuk menciptakan lingkungan menjadi asri, indah dan nyaman tanpa adanya sampah liar, implementasi dari dukungan terhadap program pemerintah di Hari Pungut Sampah Sedunia (Word Clean Up Day) atau HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional). (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar