Ratusan Orang Brebes Berebut Kangkung Dan Eceng Gondok Di Sigeleng - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 18 September 2019

Ratusan Orang Brebes Berebut Kangkung Dan Eceng Gondok Di Sigeleng

Brebes, Radardesa.com – Ratusan orang masyarakat di wilayah Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melaksanakan aksi bersih-bersih Kali Sigeleng di wilayah Desa Limbangan Kulon. Rabu (18/9/2019).

Upaya mengurangi sampai ini dimotori Kodim 0713 Brebes, melalui karya bakti TNI guna memperingati HUT TNI Ke-74. Dibenarkan Danramil 01 Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin bahwa, Kodim menggandeng Polri, Satpol PP, DLHPS (Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah), Pos AL Kluwut Kecamatan Bulakamba, para pelajar SMA dan SMK, Linmas Limbangan Wetan, juga masyarakat setempat.


“Kami juga dibantu pelajar dari SMK Karya Bhakti Brebes dan SMAN 2 Brebes, untuk membersihkan sampah dan tumbuhan liar berupa eceng gondok dan kangkung,” ucapnya.

Dikatakannya juga, pembersihan dilakukan untuk membantu dinas terkait dalam memerangi sampah. Ini juga sebagai langkah mitigasi banjir jelang musim penghujan serta mensukseskan program swasembada pangan melalui peningkatan debit air pada saluran irigasi tersebut.

Pihak DLHPS dan PU Pera, masing-masing mengirimkan satu unit armada pengangkut sampah untuk pembuangan ke TPA Kaliwlingi, Kecamatan Wanasari.

Aulia Kautsar (16) murid kelas 12/3 SMAN 2 Brebes, menyatakan senang karena bisa membantu warga dalam menjaga lingkungan DAS agar tetap bersih.

Sementara Duladi (40) Ketua Paguyuban Masjali Geleng Kelon (Masyarakat Jaga Kali Limbangan Kulon) sekaligus perangkat desa, mengungkapkan apresiasi atas upaya Kodim dalam menggerakkan massa sadar lingkungan guna menjaga estetika Sigeleng. Tak lupa dirinya mewakili desa mengucapkan terima kasih atas bantuan dari seluruh pihak yang menangani sampah di saluran irigasi wilayah desanya.

“Semoga dengan bersih dan lancarnya Sigeleng menuju muara Pantai Randusanga, dapat mencegah banjir tahunan jelang musim penghujan ini," ungkapnya.

Diketahui, Kali Sigeleng merupakan urat nadi pertanian di wilayah Kecamatan Brebes dalam memenuhi kebutuhan air para petani khususnya bawang merah. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar