Hankam

Hankam

KORAMIL 21/TS MEMBERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN OUTBOND DI SMPN 19/TEGAL SELATAN



Tegal - Koramil 21/Tegal Selatan yang dipimpin oleh Danramil 21/TS beserta  6 Anggota memberikan Wawasan Kebangsaan dan Autbond kepada siswa-siswi SMPN 19 Tegal Selatan bertempat di SMPN 19 Tegal Selatan yang dikuti 180 orang. Jumat (17/11)

Kepala sekolah SMPN19 Urip Spd. dalam sambutanya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Koramil yang meluangkan waktunya guna memberikan Wawasan Kebangsaan kepada siswa siswi SMPN 19. “Ini merupakan kebanggan yang tak terhingga karena siswa siswi sudah di bekali pengetahuan secara dini tentang wawawasan kebangsaan”, tambahnya

Sedangkan dalam materi yang diberikan oleh Danramil 21/Tegal Selatan di jelaskan tentang Wawasan Kebangsaan yaitu konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional. Wawasan kebangsaan menentukan bangsa menempatkan diri dalam tata berhubungan dengan sesama bangsa dan dalam pergaulan dengan bangsa lain di dunia internasional. Wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang serta berbagai potensi bangsa”, paparnya.

“Dengan demikian dalam kerangka NKRI, wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan POLEKSOSBUD dan HANKAM”, imbuh Danramil.

Setelah diberikan materi wawasan kebangsaan, siswa-siswi melaksanakan PBB dan PPM yang dilatihkan oleh Serma Ahmadi dan Srk Sumarto, kemudian kegiatan di lanjutkan permainan outbond. Pendim Tegal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KORAMIL 21/TS MEMBERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN OUTBOND DI SMPN 19/TEGAL SELATAN"

Posting Komentar