Sumber Daya Air Pemali Comal Perlu ditingkatkan dan dipelihara - RADARDESA

BREAKING

Jumat, 06 September 2019

Sumber Daya Air Pemali Comal Perlu ditingkatkan dan dipelihara




Tegal - Bertempat di Balai Desa Mulyoharjo Kec. Pagerbarang,  dilaksanakan Sosialisasi Pemeliharaan Berkala Jaringan Irigasi  Kumisik dari  CV Carita Ciamis yang bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Pemali Comal. Jumat (6/09/19)

Irigasi perpipaan adalah sistem irigasi yang penyalurannya menggunakan bahan pipa sebagai sarana pendistribusian air yang lebih efisien dan kehilangan air di sepanjang saluran dapat diminimalkan. Irigasi pipa juga lebih mudah diatur dan diukur. Selanjutnya operasi dan pemeliharaan (OP) teknologi jaringan irigasi perpipaan yang telah terbangun akan dilakukan melalui kelompok tani setempat. 

Irigasi perpipaan ini menggunakan sistem pengaliran gravitasi, yaitu air irigasi didistribusikan ke daerah layanan dengan memanfaatkan tekanan akibat gaya gravitasi. Keunggulan teknologi jaringan irigasi perpipaan antara lain Proses pemasangan yang relatif mudah, Perawatan yang sederhana, Bahan baku mudah diperoleh

Disampaikan Teguh Santosa sebagai Pelaksana pemeliharaan Irigasi dari CV Carita Ciamis, Tujuan sosialisasi ini bertujuan untuk menjaga kelestarian fungsi dan memulihkan kondisi fisik prasarana dan sarana sumber daya air, menjaga kelestarian sumber daya air dan fungsi hidro-orologis daerah aliran sungai (DAS) dan mengurangi konflik pemanfaatan air antar pengguna dan antar penggunaan.

diharapkan untuk Kepala Desa Mulyoharjo dan Masyarakat dimohon dukungan  kegiatan tersebut, serta ikut mengawasi pelaksanaan pemeliharaan, apabila mengetahui ada penyimpangan oleh Kontraktor supaya melaporkan kepada pengawas, dan apabila jalan Desa ada yang rusak akibat dari proyek tersebut.

Rencana Pelaksanaan perbaikan irigasi dimulai bulan September sampai dengan  Akhir Nopember 2019,  sepanjang sungai Kumisik Balapulang - Pagerbarang.

Kepada Bapak Camat dan Kepala Desa yang hadir untuk pelaksanaan serta dukungannya supaya dalam proses pengerjaan dan lain – lain dapat berjalan lancar, aman dan memohon maaf apabila dalam pelaksanaannya mengganggu aktifitas warga terutama armada proyek yang  nantinya akan banyak melintas di jalan

turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai PSDA Pemali Comal Sdr. Ir Radito STMT, Kepala seksi O & P Balai PSDA  Pemali Comal Sdr. Hendra Agus Tia  ST, Kepala urusan Teknik Balai PSDA Sdr. Agus Pujianto . ST, Ketua KORPOKLA Sdr. Wardoyo .ST, Sekcam Pagerbarang Barik Muharman .S.p MM, Danramil 18/Pagerbarang Kapten Cpm Idi Saidi, Kades Mulyoharjo, M Kucipto,  Kapolsek Pagerbarang  diwakili  Aiptu Janatin, Mantri pengairan dan masyarakat Wilayah Balapulang dan Pagerbarang serta Teguh Santosa Pelaks pemeliharaan Irigasi dari CV Carita Ciamis(Nurpen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar