Hankam

Hankam

“Binsiap Apwil dan Puanter” Siapkan Babinsa Brebes Profesional Dalam Tugas

Brebes – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Babinsa di jajaran Kodim 0713/Brebes selaku prajurit teritorial, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial serta guna menyamakan persepsi, baik langkah maupun tindakan untuk diterapkan dalam tugas dilapangan, Kodim 0713/Brebes menyelenggarakan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan IV TA. 2017 di Aula Jenderal Soedirman Makodim 0713/Brebes. Rabu (8/11/17).

Dalam sambutannya, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono melalui Pasiter Kodim 0713/Brebes, Kapten Inf Sutarno mengungkapkan “Pentingnya dilaksanakan sosialisasi Binsiap Apwil dan Puanter ini kepada prajurit komando kewilayahan adalah, agar nantinya bisa para Babinsa (ujung tombak satuan teritorial) tersebut lebih memahami tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga tidak ada keraguan lagi dalam pengaplikasian tupoknya sehari-hari di lapangan. Babinsa sebagai aparat kewilayahan, perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial dengan sebelumnya melaksanakan penyamaan langkah dan tindakan melalui sosialisasi ini. Melalui sosialisasi ini juga nantinya, diharapkan para Babinsa jajaran Kodim 0713/Brebes segera mengenali para pimpinan di Koramil wilayahnya masing-masing (Muspika) sehingga sinergitas dapat terjalin dengan baik guna meminimalisir kendala maupun hambatan pelaksanaan tugas teritorial dilapangan. Untuk itu pedomani dan amalkan materi yang telah didapatkan nantinya sehingga setiap Babinsa memiliki mental, disiplin dan profesional serta semangat yang tangguh ketika bersinggungan langsung dengan masyarakat binaannya,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Danramil 04/Tanjung Kapten Inf Muhtadi memberikan materi tentang sikap teritorial yakni murah senyum, tegur sapa, hormat menghormati dan pemberian apresiasi maupun ucapan terima kasih serta mengenali adat istiadat masyarakat binaan setempat. Materi-materi tersebut berpedoman pada UU No. 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara dan juga UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI. Hal ini sangat penting selain bertujuan untuk memberdayakan wilayah, juga untuk menyiapkan segala sesuatu sebagai pendukung pertahanan negara di darat, serta tidak lupa dalam mewujudkan kemanunggalan antara TNI-Rakyat.

Sementara Pasiops Kodim 0713/Brebes, Kapten Inf Wajirin, juga memberikan beberapa materi antara lain tentang pengetahuan penanggulangan bencana alam, metode Binter serta pengetahuan penangulangan terorisme yang saat ini dihadapkan dengan situasi maupun kondisi yang penuh dengan kecanggihan tekhnologi. “Saya harapkan kepada para Babinsa terbaik jajaran Kodim 0713/Brebes, dapat mengerti dan memahami serta mampu mengimplementasikan apa yang telah disampaikan oleh pemateri,” pungkasnya. (Aan/red).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Binsiap Apwil dan Puanter” Siapkan Babinsa Brebes Profesional Dalam Tugas"

Posting Komentar