Hankam

Hankam

Larung Sesaji, Pesta Syukur Nelayan Di TPI Tanjung

Brebes, Pesta budaya di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Desa Krakahan Kec. Tanjung Kab. Brebes, ditandai dengan pelarungan atau pelepasan sesaji di lautan Jawa. Dua unit replika kapal beserta sejumlah makanan itu dilarung di perairan laut lepas, Minggu (12/11/2017) pagi. Ratusan masyarakat menikmati suguhan pawai budaya yang digelar secara rutin. Sebagai Ketua Panitia/Ketua TPI Desa Krakahan H.Marjoko.

Pawai budaya berawal di titik Kecamatan Tanjung lalu diarak hingga Tempat Pelelangan Ikan. Di lokasi terakhir, seremonial acara larung sesaji dilakukan, termasuk memasukkan dua replika ke dalam kapal untuk dibuang ke laut.

Sejumlah pihak ikut hadir dalam prosesi itu, termasuk Kabid Perikanan Kabupaten H.Maskorim, Camat Tanjung Sugeng Basuki, SH, Danramil 04 Tanjung beserta 2 orang anggota ramil 04/Tanjung, Kapolsek Tanjung AKP.M.Yusuf beserta 4 orang anggota polsek tanjung, Danpos AL Kluwut Pelda Syaeful Iman beserta 3 orang anggota Angkatan Laut, warga nelayan.

Camat Tanjung Sugeng Basuki, SH mengatakan Acara Larung Saji harus tetap dipertahankan karena merupakan salah satu Kearifan Budaya Lokal. Kepada Panitia dan warga masyarakat dalam pelaksanaannya hendaknya lebih mengutamakan Keselamatan dan keamanan. Terutama saat melepas Larung Sesajen di tengah Laut.

“Mari acara sedekah laut ini kita jadikan evaluasi bagi kaum nelayan untuk lebih meningkatkan kualitas tangkapan di laut karena akan membawa dampak positif bagi taraf hidup para nelayan dan sekaligus akan memajukan laju pembangunan di Desa Krakahan khususnya dan Kab. Brebes secara umum.” Ajaknya Sugeng Basuki, SH.

Kabid Perikan Kabupaten Brebes H.Maskhorim dalam kesempatannya menyampaikan Ucapan terimakasih atas sambutan dan terselenggaranya Acara Larung Saji/Sedekah Laut ini. Mari sedekah laut ini benar-benar dijadikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. agar selalu dalam berkah dan lindungan Nya. Jadikan sedekah laut ini sebagai momentum untuk lebih semangat lagi dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut. Dengan demikian akan lebih meningkatkan taraf perekonomian warga nelayan Desa Krakahan dan akan menghidupkan dan meningkatkan sirkulasi hasil perikanan di TPI Desa Krakahan ini. Dengan mengucap Bismillahirrokhman Nirrokhiim dan dengan rasa Syukur kepada Allah SWT. semoga hasil tangkapan ikan lebih melimpah, saya buka acara Larung Saji ini. (Pendim0713/Brebes).

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Larung Sesaji, Pesta Syukur Nelayan Di TPI Tanjung"

Posting Komentar