Hankam

Hankam

Sosialisasi Pengawasan Dana Desa Kabupaten Brebes

Brebes, Komandan Kodim (Dandim) 0713/Brebes  Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono menghadiri kegiatan sosialisasi pengawasan dana desa di Pendopo Kabupaten Brebes, Selasa (07/11/2017).

Dana desa untuk 292 desa yang ada di Kabupaten Brebes  diprediksi mengalami peningkatan sebesar Rp 72,99 miliar di tahun 2018 mendatang.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Brebes RofiqQuidul Adzam menjelaskan Dana desa merupakan dana transfer yang diberikan  ke desa melalui kabupaten. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pada tahun 2017 telah digelontorkan sebanyak Rp 270, 92 miliar dan tahun 2018 menjadi Rp 343,91 miliar. Dana tersebut diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama 60 persen dan tahap ke dua 40 persen. Dana desa dipergunakan untuk pembangunan fisik, salah satunya pembangunan jalan desa.

Sementara Bupati mengungkapkan dalam sosialisasi ini untuk upaya pengawasan yang dilakukan oleh berbagai pihak terkait, sesuai dengan peraturan perundangan  yang berlaku. Selain inspektorat, dana desa  juga diawasi  oleh pihak Polri sebagaimana telah dilakukan memorandum of Understanding bersama menteri Desa Pembangunan daerah Tertinggal dan transmigrasi (PDTT). Dana desa ini dalam musdes untuk menentukan APBDes harus melibatkan masyarakat.

“Dengan adanya kerja sama ini , diharapkan masyarakat benar benar terlibat  dalam pengawasan penggunaan Dana Desa. Dengan demikian, peningkatan pembangunan  bisa terus diawasi agar bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono mengucapkan terima kasih kepada kades, babinsa dan babinkamtibmas yang sudah bekerja dengan baik serta lebih ditingkatkan lagi bersinergitasnya. tindak penyelewengan Dana Desa tidak dipungkiri bisa terjadi akibat kelalaian maupun ketidaktahuan kepala desa dan aparatur desa. Penyaluran dana desa itu sebagian besar dipergunakan untuk pembangunan non fisik. Salah satunya pembangunan jalan desa. Dalam penggunaan nya juga seharusnya disinkronkan pula dengan visi dan misi kabupaten Brebes dalam upaya peningkatan Indeks pembanguanan Manusia (IPM).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir juga Anggota Komisi I DPRD Brebes Pamor Wicaksono, Wakil Bupati H. Narjo, SH, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SIK, SH, Msi, Asisten 1 Pemda Brebes Athoilah, SE, MSi, Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes Transwara Adi, SH, SHum, para Muspika dan para Kades se-kab. Brebes. (Pendim 0713/Brebes).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sosialisasi Pengawasan Dana Desa Kabupaten Brebes"

Posting Komentar