Hankam

Hankam

Dandim Brebes Irup Hari Pahlawan di SMA Negeri 1 Ketanggungan

Brebes, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 di Kabupaten Brebes berlangsung hikmad. Ditandai dengan Dandim 0713/Brebes upacara bendera di SMA N 1 Ketanggungan, Jumat (10/11) pagi, peringatan diikuti ratusan peserta yang berasal dari Kepala Sekolah, Guru, dan pelajar di Kecamatan Brebes.

Awan gelap yang menyelimuti langit Kota Brebes sejak pagi dan semalaman brebes diguyur hujan, mengakibatkan lokasi upacara digenangi air yang tak pernah menyurutkan semangat peserta upacara untuk melaksanakan peringatan Hari Pahlawan 2017. Ratusan peserta pun tampak penuh semangat mengikuti rangkaian upacara peringatan peristiwa heroik pertempuran 10 November di Surabaya itu.

Dipimpin oleh Inspektur Upacara, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, upacara bendera berlangsung tertib dan lancar. Dalam amanatnya, Ahmad Hadi Hariono membacakan sambutan tertulis Mentri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa dengan mengangkat tema bertajuk ‘'Perkokoh Persatuan Membangun Negeri’. Setelah kurang lebih 45 menit, peringatan Hari Pahlawan pun selesai dilaksanakan.

Amanat Mentri Sosial RI mengatakan Kekuatan mental spiritual serta kesadaran untuk terus mengumandangkan semangat juang yang tegak berdiri di atas cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945. Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa lndonesia memperingatl Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan koleKif yang mereka lakukan'.

“Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain' bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatani bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat' adil dan makmur.”tuturnya.

Para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita Pesan itu ada|ah bahwa seteah kemerdekaan diraih,maka tahapan se|anjutnya-kitaharus bersatu ter|ebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara se|anjutnya-yakni berdaulat, adil dan makmur' Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema 'Perkokoh Persatuan Membangun Negeri '. Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sautara - saudara sekalian setanah air Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras/ suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partlkularisme golongan - bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan

menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Usai menggelar upacara bendera, rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Brebes dilanjutkan pemberian bingkisan oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono kepada para tiga orang Veteran serta dilanjutkan Kirab Merah Putih yang berlokasi di Desa Karangmalang Kec Ketanggungan Kab Brebes.

Pelepasan Kirab Merah Putih dari Start dipimpin oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, iring-iringan dari Drum Band SMK Bisma Kersana bergerak dari halaman SMA N 1 Ketanggungan yang melintasi seputaran Desa Karangmalang dengan jarak sekitar 5 KM. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Muspika Kec. Ketanggungan, Ka UPTD kec Ketanggungan H Abdul Majid Sip, Kepala SMA N 1 Ketanggunga Drs Kumaedi, SIp, Para Kepala Sekolah dan Guru SMA, SMP dan SD se Kec Ketanggungan, Para Kades beserta Perangkat Desa se Kec Ketanggungan, Toga, Tomas. (Pendim 0713/Brebes).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Brebes Irup Hari Pahlawan di SMA Negeri 1 Ketanggungan"

Posting Komentar